Find Us On Social Media :

Sejarah Spring Roll, Kuliner Tionghoa yang Banyak Diadaptasi Negara-Negara di Asia Tenggara

Spring roll atau yang akrab dikenal sebagai lumpia adalah salah satu kuliner yang banyak digemari di Indonesia.

GridKids.id - Kids, membahas kuliner nusantara enggak bisa dilepaskan dari pengaruh budaya dari bangsa lain yang sejak dulu berinteraksi dengan nenek moyang kita.

Salah satu sajian yang merupakan bentuk pengaruh dari budaya kuliner nusantara dengan budaya asing adalah lumpia.

Sajian lumpia yang terkenal sebagai oleh-oleh asli dari Semarang, Jawa Tengah disebut berasal dari sajian khas Tiongkok yang dikenal dengan spring roll, lo.

Spring roll disebut berasal dari Tiongkok dan biasanya disantap untuk mengawali hari pertama di musim semi.

Sajian ini menyebar ke berbagai negara dan mendorong munculnya berbagai varian khas dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, seperti di Indonesia, Malaysia, Filiphina, hingga Vietnam.

Sejarah Spring Roll

Kebiasaan menyantap spring roll ini sudah dikenal sejak masa Dinasti Jin (266-420 SM), bentuk awalnya enggak seperti lumpia yang kita kenal sekarang.

Dulu spring roll berbentuk seperti kue atau martabak sehingga populer juga disebut sebagai spring cake.

Spring roll hingga saat merupakan jenis jajanan jalanan yang mudah ditemui di berbagai tempat seperti pasar pagi atau di pasar malam, terutama di Taiwan, Tiongkok.

Baca Juga: Kerap Dijadikan Isian Lumpia, Inilah Alasan Rebung Baik Dikonsumsi bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Sajian ini secara tradisional dikonsumsi ketika perayaan Qing Ming, dan merupakan kue tipis yang diisi dengan beragam jenis sayuran.