Find Us On Social Media :

Terkenal Berkhasiat, Inilah 4 Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit sudah lama dikenal sebagai rempah yang bermanfaat sebagai obat herbal.

GridKids.id - Kids, untuk kamu yang memiliki hobi bereksperimen memasak di dapur, pasti sudah enggak asing dengan rempah-rempah dapur yang sering dijadikan pewarna kuning alami ini.

Yap, kunyit! Rempah yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa Linn. ini merupakan salah satu tanaman rempah atau tanaman obat asli dari kawasan Asia Tenggara. Penyebarannya mencakup Indonesia, Malaysia, Australia, hingga Afrika.

Kunyit masuk dalam famili jahe-jahean atau zingiberaceae biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masak, jamu atau obat herbal yang berkhasiat menjaga kesehatan.

Khasiat kesehatan kunyit terkandung dalam kurkumin yang terdapat dalam bagian rimpangnya. Kandungan kurkumin baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Jadi Detoks Tubuh

Kunyit kaya kandungan nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, zat besi, senyawa antioksidan, senyawan antiinflamasi, dan antimikroba.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang manfaat kesehatan yang didapatkan jika mengonsumsi kunyit. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.