Find Us On Social Media :

Mengenal Lebih Dekat Keragaman Anggrek Endemik Papua Lewat Papua Orchid Show 2021

(ilustrasi) Kelopak anggrek dendrobium yang sedang merekah.

GridKids.id - Kids, Indonesia memiliki kekayaan tumbuhan atau flora yang sangat beragam jenisnya, salah satunya adalah anggrek atau orchid.

Pakar anggrek bahkan menganggap Indonesia adalah negara yang memiliki spesies anggrek terkaya di dunia, dengan varietas dan tipe-tipenya yang sangat beragam.

Salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keanekaragaman anggrek yang tinggi adalah Papua yang diketahui memiliki kurang lebih 2500 spesies, dari 6000 spesies yang berhasil diidentifikasi di Indonesia.

Papua memiliki potensi kekayaan anggrek yang besar karena memiliki hampir separuh dari seluruh spesies anggrek yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 20 Ragam Tumbuhan Endemik Asli dari Indonesia yang Unik dan Langka

Sebagian besar anggrek berupa anggrek liar atau anggrek alam, yang beberapa di antaranya merupakan anggrek endemik dari Papua seperti Dendrobium atroviolaceum Rolfe, Paphiopedilum glanduliferum (Blume) stein, Grammitis ceratocarpa, Grammitis coredrosora, Grammitis habbensis, dan lain sebagainya.

Untuk lebih mengenal tentang serba-serbi dunia anggrek di Papua, yuk, simak seperti apa pelaksanaan Papua Orchid Show yang diselenggarakan pada 5 Oktober 2021 kemarin.