Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Buku Tema 7 Kelas 4 SD: Subtema 1 (Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku) Pembelajaran 1

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Kelas 4 SD tahun 2016 edisi revisi.

GridKids.id - Di masa sekarang ini, kita memang masih harus melanjutkan belajar dari rumah, Kids.

Nah, kita belajar bersama-sama, yuk! Kali ini mari kita bahas bersama kunci jawaban buku tema 7 kelas 4 SD, subtema 1, yakni "Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku".

Baca Juga: Keragaman Hayati Hutan Tropis di Kalimantan, Taman Nasional Betung Kerihun Materi Belajar dari Rumah TVRI

Buku yang dibahas kali ini adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Kelas 4 SD tahun 2016 edisi revisi.

O iya, bagian yang dibahas adalah pembelajaran 1, halaman 1, 2, 3, 4, dan 5.

Langsung kita simak bersama, yuk!

Kunci Jawaban Subtema 1: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku

Ayo Membaca! (Halaman 1)

Bacalah dalam hati teks berikut!

Suku Bangsa di Indonesia

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat "Bhinneka Tunggal Ika" pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan.

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias denganjumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.

(Sumber: http://bobo.kidnesia.com. diunduh 1 September 2016)

Baca Juga: Apa Itu Konferensi Meja Bundar (KMB)? Ini Hasil dan Dampaknya bagi Indonesia

Ayo Berdiskusi! (Halaman 2-3)

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Suku Bangsa di Indonesia”.

1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawaban:

2. Ada berapa paragraf pada teks “Suku Bangsa di Indonesia”? Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf.

Jawaban:

Pokok pikiran paragraf 1:

Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya.

Pokok pikiran paragraf 2:

Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku.

Baca Juga: Cerita Sabtu Pagi: Anak Seribu Pulau Budaya Toraja, Belajar dari Rumah TVRI 16 Mei 2020

Cara Menentukan Pokok Pikiran pada Paragraf:

1. Membaca seluruh kalimat dalam paragraf.

2. Menandai kalimat awal, kalimat akhir atau kalimat awal, dan kalimat akhir paragraf.

3. Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau awal dan akhir pada paragraf.

Ayo Bercerita! (Halaman 3-4)

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?

Dari kegiatan sebelumnya, kamu mengetahui bahwa di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa. Setiap suku bangsa kemungkinan memiliki kebiasaan dan cara hidup berbeda. Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut. 

  

Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambar di atas? Coba, ceritakan kepada teman-temanmu. Apakah teman-temanmu juga menjumpai jenis alat transportasi seperti yang kamu sebutkan?

Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati.

Baca Juga: Macam-Macam Alat Transportasi Darat, Baik Tradisional Maupun Modern

1. Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?

Jawaban: 

Saat kuda menarik bendi, maka bendi akan bergerak. Hal itu dikarenakan ada gaya yang diberikan oleh kuda terhadap bendi.

2. Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Jawaban:

Saat kerbau atau kuda menarik pedati, maka pedati akan bergerak. Hal itu karena ada gaya yang diberikan oleh kerbau atau kuda terhadap pedati.

Ayo Mencoba! (Halaman 4-5)

Lakukan kegiatan-kegiatan sederhana berikut.

1. Dorong meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik ke posisi semula.

2. Angkat tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula.

3. Ambil selembar kertas tak terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut.

Dari kegiatan tersebut, isilah tabel berikut. 

Aktivitas yang telah kamu lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya.

Baca Juga: Roda dan Gaya Gesek, Rangkuman Belajar dari Rumah TVRI untuk Kelas 4 SD

Aktivitas yang kamu lakukan terhadap tas sekolah yang kamu angkat disebut gaya.

Aktivitas yang kamu lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya. 

Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk.

Nah itulah kunci jawaban buku tema 7 kelas 4 SD, subtema 1, yakni "Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku", pembelajaran 1, halaman 1, 2, 3, 4, dan 5.

Nantikan pembahasan lainnya, ya!