Find Us On Social Media :

Tetap Waspada, Kondisi Ini Bisa Buat Kelompok Usia Muda Rentan Terinfeksi COVID-19

PSBB masa transisi diterapkan di Jakarta.

GridKids.id - Penyebaran virus corona masih terbilang tinggi. Bukan cuma di Indonesia saja, tapi juga di berbagai negara.

Virus ini menyerang berbagai kelompok usia, Kids.

Memang, kelompok usia tua jadi salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi COVID-19.

Namun, ini bukan berarti kalau kelompok usia remaja dan dewasa muda enggak berisiko sama sekali. 

Malah, menurut penelitian baru di Journal of the American Medical Association, kelompok dewasa muda masih membawa risiko yang signifikan dan juga bisa mengalami gejala yang parah.

Kelompok Muda Rentan COVID-19 

Para peneliti menemukan kalau orang dewasa berusia 18-34 tahun yang dirawat di rumah sakit akibat COVID-19 punya risiko penyakit parah yang relatif tinggi.

Lebih dari 20% pasien membutuhkan perawatan intensif, sedangkan sekitar 10% ditempatkan pada ventilasi mekanis dan hampir 3% meninggal dunia.

Usia rata-rata kelompok ini adalah 28 tahun, dan lebih dari 57% adalah laki-laki. 

Meskipun angka kematian dewasa muda karena COVID-19 tetap lebih rendah, angka yang ditunjukkan tetap dua kali lipat dibandingkan kematian akibat serangan jantung pada orang dewasa muda.

Dilansir dari Kompas.com, dokter penyakit menular dari Texas Health Resources di Bedford, Texas, Nikhil Bhayani menyoroti bukti terbaru yang menunjukkan kalau orang muda juga berisiko terkena COVID-19 yang parah.

Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tentang pasien yang dirawat di rumah sakit, 20% masih berusia 20-44 tahun.

Dari pasien yang dirawat di perawatan intensif, hampir 40% berusia 45-64 tahun dan 12% berusia antara 20-44 tahun.

Baca Juga: 5 Tempat Ini Rentan Tularkan Covid-19, Tanpa Disadari Sering Kita Singgahi