Find Us On Social Media :

Dari Koin Bernilai 200 Rupiah sampai 850 Ribu, Inilah Daftar Uang Edisi Khusus Kemerdekaan Indonesia

Berbagai Macam Uang Khusus Indonesia

GridKids.id - Kids, apa kamu sudah pernah dengar tentang uang khusus?

Untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-75, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang edisi khusus.

Yup! Sesuai namanya, uang peringatan kemerdekaan (Uang Baru HUT 75 RI) dicetak khusus oleh BI untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Meski begitu, uang edisi khusus ini enggak dicetak setiap tahun, lo, dan cuma dirilis di tahun-tahun tertentu yang dianggap istimewa.

Dikutip dari keterangan resmi BI, Minggu (16/8/2020), uang rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam rangka peringatan tertentu.

Uang rupiah khusus ini punya nominal yang berbeda dari nilai jualnya. Karena, uang ini dicetak dalam edisi terbatas tapi tetap bisa digunakan sebagai alat transaksi resmi.

Uang rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang enggak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung).

Uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya enggak digunakan sebagai alat tukar.

Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika atau koleksi uang di Indonesia.

Menurut keterangan BI, setiap uang edisi khusus dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik, sehingga sering dijadikan sebagai cenderamata.

Berikut beberapa uang rupiah khusus peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang pernah diterbitkan BI (uang logam rupiah khusus):

Baca Juga: Lucu Sekaligus Sedih, Simpan Setumpuk Uang Nominal Ratusan Ribu di Dalam Plastik Ternyata Malah Dimakan Rayap