Follow Us

BI Bersama Menteri Keuangan Rilis Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu Untuk Memperingati HUT RI Ke-75

Hinggar - Senin, 17 Agustus 2020 | 10:30
Uang pecahan 75 ribu baru
tribun timur

Uang pecahan 75 ribu baru

GridStar.ID - Senin (17/08), Indonesia merayakan 75 tahun kemerdekaan.

Di HUT RI yang ke-75 tahun, Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan merilis uang rupiah khusus.

Peresmian peluncuran uang ini pun akan dilaksanakan tepat pada Senin ini.

Baca Juga: Kena Bully Netizen Gegara Warna Kakinya yang Kontras dengan Wajah, Krisdayanti Rela Gelontorkan Uang Sampai Rp 1 Miliar demi Suntik DNA Ikan Salmon, Ada Perubahan?

Peresmian pengeluaran uang logam rupiah khusus atau commemorative coin tersebut bakal dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati esok hari, Senin (17/08).

"Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekans pada acara 'Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia' bersama Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan," jelas BI dalam undangan yang diterima Kompas.com, Minggu (16/08).

Di dalam dokumen Uang Khusus Logam Bank Indonesia dijelaskan, uang rupiah khusus merupakan ang yang dikeluarkan oleh BI dalam rangka memperingari peristiwa atau tujuan tertentu.

Baca Juga: Istrinya Sampai Rela Dipoligami Gegara Kini Bergelimang Harta, Siapa Sangka Azis Gagap Pernah Korbankan Anak Demi Rp 5000: Ane Minta Maaf Banget!

Uang rupiah khusus tersebut memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

"Uang rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung)," jelas BI.

Untuk diketahui, uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar.

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular