Find Us On Social Media :

Pahami Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Makanan yang Mengandung Bahan Berbahaya, Ternyata Sering Kita Jumpai

Ilustrasi pasar

GridKids.id - Untuk memenuhi energi tubuh, kita perlu makan, Kids.

Untuk kesehatan tubuh pasti kita memilih makanan yang sehat dan bergizi.

Yup, makanan tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan kita, terlebih di tengah pandemi corona.

Namun, apa kamu tahu? ternyata ada beberapa makanan yang ternyata mengandung bahan berbahaya, lho.

Meski penampilan luarnya tampak layak konsumsi dan segar, tapi bisa saja ada oknum nakal yang menyuntikkan bahan kimia pada bahan makanan tersebut.

Namun, jangan salah! Enggak hanya makanan berat saja yang bisa diakali dengan bahan kimia, tapi ada beberapa jajanan anak sekolah yang sebaiknya kamu hindari.

Menurut Pak Chandra Irawan, staf pengajar dari Akademi Kimia Analisis Bogor, kamu masih bisa mengenalinya dengan beberapa ciri-ciri ini, lho.

Yuk, kita lihat, apa saja ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Makanan Berformalin

1. Mi basah: Enggak lengket, lebih mengilap, akan bertahan selama dua hari dengan suhu ruangan, dan bisa bertahan lebih dari 15 hari kalau ditaruh di kulkas.

2. Tahu: Tekstur tahu lebih keras, kenyal tapi enggak padat, enggak akan rusak sampai 3 hari suhu ruangan dan bertahan hingga 15 hari dengan suhu kulkas.

3. Ikan: Warna insang ikan merah tua dan enggak cemerlang, warna ikan enggak merah segar, warna daging ikan putih bersih, dalam 3 hari tetap bagus di suhu ruangan.

4. Ikan Asin: Bersih dan enggak bau ikan asin, enggak ada lalat yang hinggap, enggak rusak walapun sudah satu bulan ada di tempat dengan suhu ruangan.

5. Bakso: Teksturnya sangat kenyal, enggak rusak sampai 2 hari dengan suhu ruangan.

6. Ayam: Tekstur kencang, enggak ada lalat yang hinggap, enggak mudah busuk sampai 2 hari kedepan dengan suhu ruangan.

Baca Juga: Patut Dicontoh! Sang Ayah Memiliki Harta 235 triliun Rupiah, Anak Bungsu PT Djarum Tetap Hidup Hemat, Ini Alasannya