Find Us On Social Media :

Bukannya Baik untuk Tubuh, Olahraga Berlebihan Justru Timbulkan Berbagai Masalah Fisik dan Mental

Efek buruk terlalu banyak olahraga

GridKids.id - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh memang sangat penting, Kids.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari menjaga pola makan, melakukan pola hidup sehat, sampai rajib berolahraga.

Namun tahu enggak? Ternyata, terlalu banyak atau terlalu sering berolahraga ternyata punya dampak negatif.

Yup! Rutin berolahraga memang salah satu cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, tapi olahraga berlebihan justru berdampak buruk untuk tubuh.

Menurut pakar diet dan olahraga Chloe McLeod, rutin olahraga membantu tubuh melepaskan hormon serotonin yang memicu rasa bahagia.

"Selain itu, rutin olahraga juga baik untuk kesehatan jantung, membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah," ucapnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan AS (CDC), orang dewasa sebaiknya melakukan olahraga intensitas sedang atau tinggi sekitar lima jam dalam seminggu.

Melakukan olahraga lebih dari itu bisa menimbulkan efek samping.

Sebenarnya, batasan kebutuhan aktif secara fisik setiap orang berbeda-beda, tergantung pada komposisi tubuh, usia, dan status kesehatan secara keseluruhan.

Namun, demi mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal, orang dewasa rata-rata membutuhkan 2,5 sampai lima jam aktivitas fisik intensitas sedang setiap minggu.

Kalau ingin melakukan olahraga intensitas tinggi, durasi waktu yang dibutuhkan cuma 1,25 sampai 2,5 jam setiap minggu.

Baca Juga: Berolahraga di GBK saat PSBB Transisi, Inilah Berbagai Aturan yang Harus Diikuti