Find Us On Social Media :

Tetap Waspada, Studi Terbaru Buktikan Kelompok Usia Ini Lebih Rentan Terkena Covid-19

Peringatan WHO tentang gelombang kedua virus corona di dunia.

GridKids - Virus corona Covid-19 masih menyebar di berbagai negara di dunia.

Ada beberapa negara yang sudah bisa mengatasi virus ini dengan baik, tapi ada juga yang sampai sekarang masih berjuang melawan Covid-19.

Sebuah studi menemukan kelompok usia yang lebih rentan terinfeksi virus ini.

Temuan dalan Jurnal Nature Medicine menjelaskan, orang-orang di bawah usia 20 tahun lebih mungkin terpapar Covid-19 dibandingkan kelompok usia lainnya.

Temuan yang terbit dalam Jurnal Nature Medicine, Selasa (16/6/2020) menunjukkan kalau empat dari lima anak muda yang terinfeksi enggak menunjukkan gejala.

Penelitian tersebut bisa memberikan pertimbangan pemerintah dalam menentukan langkah selanjutnya di bawah tekanan untuk membuka kembali sekolah dan perguruan tinggi.

Dikutip dari AFP, Selasa (16/6/2020), para ahli dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine mengembangkan model transmisi Covid-19 berbasis usia berdasarakan data dari enam negara, yaitu China, Italia, Jepang, Singapura, Kanada, dan Korea Selatan.

Mereka juga memperhitungkan penelitian sebelumnya tentang perkiraan tingkat infeksi dan tingkat keparahan gejala.

Peneliti memperkirakan kalau kelompok usia di bawah 20-an tahun berada pada setengah risiko infeksi virus corona daripada di atas 20-an.

Dalam riset itu, mereka menemukan variasi yang luas dalam kasus-kasus simptomatis yang dikaitkan dengan kelompok usia.

Variasi tersebut adalah 21 persen dari mereka yang berusia 10 hingga 19 tahun cenderung menunjukkan gejala dibandingkan dengan 69 persen dari usai di atas 70-an tahun.

Para peneliti kemudian melakukan simulasi virus corona di 146 ibu kota di seluruh dunia untuk melihat apa efek penutupan sekolah terhadap penyebaran virus.

Baca Juga: Masih Berlanjut, Muncul Klaster Baru Covid-19 di Beijing, WHO Beri Peringatan Semua Negara