Find Us On Social Media :

Masih Berlanjut, Muncul Klaster Baru Covid-19 di Beijing, WHO Beri Peringatan Semua Negara

Pasar Xinfadi, di Kota Beijing, China,

GridKids.id - Virus corona Covid-19 diduga pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun 2019.

Sempat menjadi negara yang paling terdampak, beberapa waktu lalu Tiongkok sudah berhasil mengendalikan virus corona.

Namun ternyata, muncul klaster baru di Beijing.

Pihak berwenang di Beijing menggambarkan kalau kondisi wabah virus corona di sana "sangat parah" dengan munculnya lusinan kasus baru.

Sebelumnya, Beijing enggak melaporkan adanya kasus baru selama 56 hari berturut turut sampai sebuah klaster baru diidentifikasi, Kamis (11/6/2020).

Pada hari Sabtu (13/6/2020), Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) pun mengeluarkan pernyataan yang menyebut kalau seluruh kasus baru yang diidentifikasi sudah diisolasi dan sedang dirawat.

Selain itu, penelusuran kontak dan pengurutan genetik dari sampel juga sedang dilakukan untuk memahami lebih lanjut sumber klaster dan hubungan antar kasus.

Direktur Eksekutif Program Darurat WHO, Dr Mike Ryan mengatakan, penting mencari faktor-faktor risiko spesifik, situasi, perilaku, dan konteks, dimana penularan sudah terjadi di klaster-klaster tersebut, untuk mencegah terjadinya wabah yang lebih luas.

Baca Juga: Sudah Dilakukan PSBB dan New Normal, Apakah Kasus Corona di Indonesia Sudah Menurun? Berikut Hasil Hitungan Peneliti