Find Us On Social Media :

Cara Membersihkan Belanjaan yang Efektif saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Belanjaan yang Efektif saat Pandemi Virus Corona

GridKids.id - Di tengan pandemi virus corona seperti sekarang, sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan barang belanjaan.

Saat virus corona mulai masuk di Indonesia, kita dihimbau untuk tetap berada di rumah.

Selain kegiatan yang enggak mendesak, masyarakat sebisa mungkin enggak boleh pergi ke luar.

Kegiatan penting yang mendesak ini seperti mencari perawatan medis atau berbelanja bahan makanan.

Kita bisa mengurangi risiko terpajan covid-19 setiap kali meninggalkan rumah dengan melakukan tindakan pencegahan seperti mempraktikkan jarak sosial, mencuci tangan dengan saksama dan tidak menyentuh wajah.

Nah, berbelanja bahan makanan tentu meningkatkan risiko penularan.

Hal ini karena saat belanja, kita enggak cuma dekat dengan orang lain, tapi banyak dari produk yang dibeli mungkin sudah disentuh oleh orang lain yang mungkin habis bersin atau batuk.

Ini bukan berarti kita enggak bisa belanja ke supermarket, ya. Itu bukan opsi yang masuk akal bagi kebanyakan orang.

Maka dari itu, kita harus berhati-hati saat membawa pulang bahan makanan dari hasil belanja di supermarket untuk menghindari penyebaran virus ke orang lain dan rumah kita.

Risiko Tertular Covid-19 dari Bahan Makanan

Charlotte Baker, DrPH, MPH, asisten profesor epidemiologi di Virginia-Maryland College of Veterinary Medicine di Blacksburg, Virginia, mengatakan risiko terbesar di supermarket adalah melakukan kontak dekat dengan orang lain yang sakit.

Itulah mengapa penting untuk tetap mengambil jarak setidaknya 1,8 meter dari orang lain setiap saat.

Jangan takut untuk meminta orang lain mundur kalau mereka terlalu dekat denganmu. Atau tunggu beberapa saat untuk mengambil sesuatu kalau orang lain sudah memilih item yang kamu inginkan.

Sayangnya, enggak terlalu dijelaskan seberapa banyak peran produksi dan pengemasan makanan dalam menularkan virus yang menyebabkan covid-19.

Namun, sumber Kesehatan Organisasi Dunia yang dipercaya mengatakan kalau selain menutup kontak orang-ke-orang, kita bisa saja tertular karena menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Beberapa permukaan tubuh mungkin menimbulkan risiko penularan lebih besar daripada yang lain.

Baca Juga: Menghantui Masyarakat, 8 Cara Ini Bantu Kamu Cegah Virus Corona Saat Naik Kendaraan Umum