Find Us On Social Media :

Rangkuman dan Jawaban Matematika: Layang-Layang dan Trapesium, Belajar dari Rumah TVRI 2 Juni 2020

Belajar dari Rumah Layang-Layang dan Trapesium Selasa 2 Juni 2020

GridKids.id - Cari tahu soal dan jawaban Belajar dari Rumah TVRI dengan materi Matematika: Layang-layang dan Trapesium, yuk!

Selasa, 2 Juni 2020 Belajar dari Rumah menyajikan materi Matematika: Layang-layang dan Trapesium untuk siswa SMP dan sederajat.

GridKids akan membahas soal dan jawaban dari materi tersebut, agar kamu lebih paham lagi, ya!Jangan lupa ajak orangtua atau kakak kamu untuk mendampingimu belajar.

 

Berikut Soal dan Jawaban untuk Belajar dari Rumah, 2 Juni 2020:

1. Perhatikan Gambar Berikut :

a). Sebutkan sifat–sifat dari layang–layang pada gambar tersebut!b). Sarif ingin membuat layang-layang seperti gambar dengan panjang AC = 16 cm dan BO : OD = 5 : 2.  Ia menginginkan luas layang-layang adalah 168 cm2.

Ia mengatakan bahwa ia membutuhkan panjang benang 27 cm untuk membuat keliling layang-layang tersebut. Benarkah itu? Berikan alasanmu

Baca Juga: Rangkuman dan Jawaban Matematika Garis dan Sudut, Belajar dari Rumah TVRI 14 Mei 2020

Jawaban soal 1 :

1. a). Sifat layang-layang :

b) Jawab :

Baca Juga: Rangkuman dan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan, Materi Belajar dari Rumah TVRI 11 Mei 2020

Mencari sisi-sisi layang-layang menggunakan rumus phitagoras

Sisi AD = DC

Sisi AB = BC

Keliling layang-layang

Jadi, pernyataan Sarif salah, karena dibutuhkan sedikitnya 54 cm benang untuk mengelilingi layang-layang.

Soal Nomor 2>>>

 

Pembahasan materi soal 2 :

2. Sebuah taman berbentuk trapesium seperti pada gambar. Taman tersebut dikelilingi jalan dengan panjang jalan AD = 15 m, BC = 20 m, dan CD = 18 m. Jarak titik D ke E adalah 12 m.

a). Pengelola taman menanam pohon bunga Tabebuya di sepanjang jalan AB dan diberi nama Jalan Pesona. Berapa panjang Jalan Pesona itu?

b). Tahun lalu, pengelola taman menyelenggarakan lomba lari mengelilingi taman sebanyak 5 kali. Ia mengatakan bahwa peserta lomba menempuh

jarak 480 meter. Benarkah itu? Berikan alasanmu!

c). Seorang pemandu wisata mengatakan bahwa luas taman itu adalah 732 m2. Apakah kamu setuju dengan pendapat pemandu wisata itu? Berikan alasanmu!

Melansir dari halaman hargaticket.com, berikut jawaban soal 2.

Jawaban soal 2 :

a). Kita cari dulu panjang AE dan BF menggunakan rumus phitagoras

Panjang AE

Panjang BF, dimana panjang CF = DE = 12 m

Jadi panjang Jalan Pesona adalah 43 m

b). Keliling taman = AB + BC + CD + DA

= 43 + 20 + 18 + 15

= 96 m

Lomba lari 5 kali putaran = 5 x 96 = 480 meter

Jadi benar bahwa para peserta lomba menempuh jarak 480 meter

c). Luas = (Jumlah sisi sejajar : 2) x tinggi

= {(43 + 18) : 2} x 12

= (61 : 2) x 12

= 366 m2

Jadi pernyataan tersebut salah, karena luas taman adalah 366 m2

Baca Juga: Materi dan Soal Matematika Pecahan Belajar dari Rumah 28 April 2020

-----

Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan  komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids  dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di https://www.gridstore.id