Find Us On Social Media :

Kabar Baik! Pertama Kali Diuji Coba, Vaksin Virus Corona Sudah Tunjukkan Hasil Positif

Ilustrasi vaksin virus corona

GridKids.id - Virus corona Covid-19 masih saja membuat masyarakat resah.

Virus ini diduga pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun 2019.

Sampai sekarang, virus ini sudah menyebar hampir ke seluruh dunia dan memakan banyak korban.

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di seluruh dunia yang sudah mencapai jumlah lima juta jiwa, mendorong usaha percepatan penemuan vaksin untuk mengatasinya.

Sekarang, uji coba vaksin pertama terhadap manusia dikabarkan sudah mendapatkan hasil yang aman dan diperkirakan efektif melawan virus Covid-19.

Para ilmuwan di China mengatakan, 108 orang dewasa yang sehat diberi dosis Covid-19 vektor adenovirus tipe 5 (Ad5-nCoV) selama masa percobaan ini.

Obat ini menggunakan jenis flu biasa (adenovirus) yang melemah untuk mengirimkan materi genetik yang "mengkode" dirinya menemukan protein dalam SARS-CoV-2-virus yang menyebabkan Covid-19.

Sel-sel kode ini kemudian menuju ke kelenjar getah bening di mana sistem kekebalan menciptakan antibodi yang bisa mengenali virus dan menyerangnya.

“Hasil ini merupakan tonggak penting. Percobaan menunjukkan bahwa dosis tunggal dari vektor adenovirus tipe 5 baru Covid-19 (Ad5-nCoV) adenovirus menghasilkan vaksin khusus virus dan sel T dalam 14 hari.”

Hal tersebut diungkapkan Profesor Wei Chen dari Institut Bioteknologi Beijing dalam sebuah pernyataan.

Meskipun Ad5 ditemukan untuk membuat respons imun yang cepat dalam tubuh, para ilmuwan memperingatkan, masih belum ada jaminan obat ini akan secara efektif melawan virus corona. 

Baca Juga: Dulu Dianggap Sebagai Penyakit Berbahaya dan Mematikan, Mengapa Kini Flu Bisa Diatasi oleh Vaksin?