Find Us On Social Media :

Kapal Diamond Princess Diduga Jadi Pusat Penyebaran Baru Virus Corona yang Telah Bermutasi

Kapal Pesiar Diamond Princess

GridKids.id - Kapal Diamond Princess merupakan salah satu kapal yang mewah, Kids.Kapal berbendera Inggris itu berlayar dalam 29 hari dari Singapura ke Yokohama, Jepang, pada 9 Januari. Kemudian, kapal ini harus tertahan di Jepang setelah ditemukan satu penumpangnya terkena virus corona.

Ada 3.711 penumpang dan kru yang terpaksa dikarantina di kapal pesiar itu selama 14 hari.

Bahkan Warga Negara Indonesia (WNI) juga ada yang di sana. Empat orang di antaranya positif virus corona.

Namun akhirnya pada Rabu (19/2/2020), penumpang sudah mulai bisa turun dari kapal. 

Penyebaran Baru

Baru-baru ini, Sesditjen Pencegahan dan Penangan Penyakit Kementerian Kesehatan, dr Achmad Yurianto, mengungkapkan kalau kapal pesiar ini diduga jadi pusat penyebaran baru virus corona Wuhan, Sars-Cov-2, yang menyebabkan Covid-19.

Pertimbangannya berdasarkan data angka kasus pasien terinfeksi dan perubahan gejala pasien terinfeksi virus SARS-CoV-2 ini.

Kasus terjangkit Covid-19 di kapal ini mencapai 15 persen.

Dari seluruh jumlah orang yang ada di dalam kapal pesiar tersebut, laporan yang diterima Kemenkes hingga saat ini, terdapat 624 orang positif terinfeksi virus SARS-CoV-2.

"Bahkan ini jadi lebih tinggi daripada di Wuhan dengan confirm (konfirmasi pasien positif Covid-19) hanya 5 persen. Artinya, orang yang berada di dalam situ (Diamond Princess) sudah sangat mungkin tertular," kata Yurianto dalam jumpa media di Gedung Kemenkes RI Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Enggak Nyangka, Obat Virus Corona Ternyata Sudah Sering Digunakan di Indonesia