GridKids.id - Bagaimana cara membuat daftar isi untuk karya ilmiah di Microsoft Word, Kids?
Pada artikel ini, GridKids akan mencari tahu cara membuat daftar isi untuk karya ilmiah, seperti makalah dan skripsi di Microsoft Word, ya.
Ada beberapa cara membuat daftar isi, kali ini kita akan mencari tahu cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word dan Microsoft Word Web.
Nah, seperti yang kita ketahui bahwa dalam penulisan karya ilmiah diperlukan daftar isi.
Daftar isi merupakan lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman.
Tahukah kamu? Dalam karya ilmiah, daftar isi berfungi memudahkan pembaca untuk mencari isi atau informasi dengan cepat.
Tak hanya itu saja, daftar isi juga memuat urutan bab dan subbab sehingga memberikan gambaran menyeluruh kepada pembaca mengenai pokok-pokok bahasan di dalamnya.
Daftar isi terdiri dari halaman-halaman yang memuat setiap judul bab dan subbab yang telah ditulis.
Umumnya penulisan daftar isi diletakkan di bagian awal karya ilmiah, yaitu setelah halaman judul serta sebelum daftar tabel dan daftar gambar.
Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apa saja cara membuat daftar isi untuk karya ilmiah di Microsoft Word.
Cara Mebuat Daftar Isi untuk Karya Ilmiah
Baca Juga: Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI SMA
Bersumber dari gramedia.com, berikut ini langkah-langkah atau cara membuat daftar isi untuk karya ilmiah, antara lain:
1. Buka file atau dokumen yang diinginkan untuk dibuat daftar isi.
2. Klik menu "References" di Microsoft Word.
3. Pilih opsi "Table od Contents" dan klik 'Automatic Table 1'.
4. Microsoft Word akan otomatis membuat daftar isi dan subjudul dengan keterangan nomor halaman.
5. Kamu bisa mengedit ulang untuk menyesuaikan urutan daftar isi.
6. Untuk memperbaruinya, klik "References", "Update Table" dan pilih opsi "Update Page Number Only" atau "Update Entire Table".
7. Opsi "Update Page Number Only" berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.
8. Opsi "Update Entire Table" berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.
9. Jika ada entri yang hilang dari daftar isi maka silakan klik "Home", "Style", dan "Heading 1".
Baca Juga: Praktis dan Mudah, Ini Cara Membuat Email Baru dengan Handphone
10. Masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.
Selain cara di atas, kamu juga bisa membuat daftar isi pada Microsoft Word Web, berikut langkahnya:
1. Akses Microsoft Word Web melalui laman Office.com dan login dengan email dan kata sandi seperti cara pada umumnya.
2. Klik menu "References".
3. Pilih opsi "Table of Contents".
4. Klik "Insert Table of Contents".
5. Tulis keterangan teks judul dan halaman yang diinginkan dan pastikan sesuai dengan urutan.
6. Jika kamu ingin memperbarui, silakan klik "Reference", "Update Table of Contents", dan daftar isi akan otomatis diperbarui.
Nah, demikianlah informasi tentang cara membuat daftar isi untuk karya ilmiah di Microsoft Word, Kids.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | gramedia.com |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar