GridKids.id - Pemasaran kerap kali dikaitan dengan penjualan atau marketing.
Pemasaran adalah aktivitas mempercepat perpindahan barang maupun jasa yang dijual dari produsen atau distributor hingga ke tangan konsumen.
Bagi seorang pebisnis, perlu dimengerti lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran.
Sebab, kesuksesan suatu bisnis akan sedikit banyak dibantu oleh strategi pemasarannya.
Tergantung strategi pemasaran apa yang dipakai, itu yang akan menentukan produk dan jasanya.
Pengertian Pemasaran
Secara istilah, pengertian pemasaran merupakan sebuah proses dan manajerial.
Di mana setiap individu dan setiap kelompok akan mendapatkan apa saja yang mereka butuhkan juga inginkan.
Caranya adalah dengan menciptakan dan juga saling menukar produk dan jasa.
Pengertian pemasaran adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, kegiatan tersebut akan melakukan promosi terhadap suatu produk, layanan atau jasa yang mereka miliki.
Tujuan dari pemasaran adalah tentunya untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.
Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan Cetak dan Iklan Elektronik?
Dalam pemasaran, perusahaan membutuhkan strategi yang harus disesuaikan dengan target yang disasar.
Contohnya seperti periklanan, penjualan, pendistribusian sampai pengiriman sebuah produk ke perusahaan lain atau ke konsumen.
Ketika melakukan proses promosi, mereka akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan target produk yang dipasarkan.
Sehingga seringkali pemasaran banyak melibatkan artis, olahragawan, figur publik, hingga selebgram untuk memasarkan produk perusahaan.
Nah, itu juga menjadi salah satu cara dalam membuat konsumen menjadi tertarik.
Selain itu, melalui sebuah pemasaran juga tak hanya membantu perusahaannya saja. Konsumen juga akan terbantu tentang pemasaran ini.
Para konsumen akan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan, sesuai kebutuhan.
Kemudian, ketika sebuah pemasaran berjalan sesuai dengan targetnya, maka perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli. Tak ketinggalan juga akan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.
Jenis-Jenis Pemasaran
Untuk memasarkan produk, perusahaan pun harus memiliki nama atau “brand”.
Baca Juga: Strategi Pemasaran Apa yang Cocok untuk Usahamu? Materi Kelas 6 SD Tema 5
Gunanya adalah supaya dikenal dan terkenal oleh orang banyak.
Branding adalah salah satu jenis pemasaran yang biasa dilakukan oleh seseorang.
Fungsi dari branding ini adalah sebagai iklan untuk jangka panjang.
Hal ini tentu akan sangat membantu dalam membuat sebuah produk atau layanan jadi lebih menarik.
2. Iklan Siaran
Iklan siaran umumnya menggunakan radio atau iklan di televisi.
Penggunaan radio dan iklan di televisi sebagai sebuah media pemasaran adalah salah satu jenis bentuk iklan berbayar yang cukup umum.
3. Internet
Pemasaran via internet mulai populer sejak era digital. Biasanya pemasaran ini dilakukan dengan beriklan melalui website, mesin pencari, media online, hingga media sosial.
4. MLM
MLM atau multi level marketing adalah pemasaran dengan menjaring konsumen dari penjualan langsung dan biasanya menerapkan sistem berjenjang.
Seringkali metode MLM tak hanya menjual namun juga seringkali merekrut orang menjadi tenaga pemasarnya.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar