GridKids.id - Pada pembahasan materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang serba-serbi iklan di berbagai media.
Dalam materinya terdapat pertanyaan, apakah yang dimaksud dengan iklan?
Agar kamu menemukan jawabannya, kamu harus membaca isi materinya seperti berikut ini!
Kids, sikap persatuan dan kesatuan ini penting diterapkan di manapun, seperti di keluarga dan sekolah.
Dengan menerapkan sikap persatuan dan kesatuan, maka akan terbentuk kerukunan, rasa aman, dan nyaman dalam masyarakat.
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memperkukuh persatuan adalah dengan menyebarkan gerakan melalui iklan di berbagai media.
Lalu, apa yang dimaksud dengan iklan?
Iklan adalah sebuah pesan promosi yang dibuat untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk, jasa, atau kegiatan.
Tujuan penyebaran iklan di media massa merupakan agar semakin banyak orang yang tahu tentang sesuatu yang dipromosikan.
Harapannya, iklan bisa memengaruhi orang untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ada pada iklan.
Iklan bisa kita temukan dengan mudah di media cetak, laman dari situs web, internet, televisi, radio, dan lain sebagainya.
Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan Cetak dan Iklan Elektronik?
Iklan adalah salah satu bagian dari industri perdagangan yang berfungsi untuk menawarkan produk supaya laku dijual.
Tetapi, iklan enggak hanya menawarkan produk, iklan bisa memberikan informasi sehingga pembaca bisa mendapatkan pengetahuan.
Iklan ini bisa dibuat dalam berbagai bentuk dan format, seperti iklan cetak, iklan audio, iklan visual, dan iklan digital.
Dalam beberapa kasus, iklan juga bisa berupa sponsor atau dukungan dari perusahaan untuk suatu acara atau program.
Fungsi Iklan untuk Menarik Khalayak
1. Meningkat penjualan
Iklan bisa membantu meningkatkan penjualan dengan membuat produk atau jasa lebih menarik dan memikat bagi konsumen.
Iklan yang baik bisa membuat calon konsumen merasa terkesan dan ingin membeli produk atau jasa yang dipromosikan.
2. Memberikan informasi produk
Iklan dapat memberikan informasi tentang produk atau jasa tertentu secara lebih lengkap pada konsumen.
Baca Juga: Perbedaan Iklan Cetak dan Iklan Elektronik serta Contohnya
Informasi itu bisa membantu konsumen memahami fitur dan manfaat produk, serta membandingkan produk dengan produk lain.
3. Meningkatkan kesadaran produk
Iklan dapat membantu meningkatkan kesadaran konsumen tentang produk atau jasa tertentu, terutama jika produk itu masih baru.
Baru disini artinya, produk atau jasa yang dipromosikan itu masih belum dikenal luas oleh masyarakat di wilayah itu.
Dengan mempromosikan produk secara efektif, iklan bisa membantu menarik perhatian calon pelanggan dan mencoba produknya.
4. Menjalin hubungan dengan pelanggan
Iklan juga bisa membantu menjalin hubungan dengan pelanggan dan memperkuat interaksi antara merek dan pelanggan.
Iklan yang menggugah emosi dan menciptakan hubungan emosional dengan konsumen bisa membantu memenangkan hati pelanggan.
Nah, itu dia penjelasan tentang iklan dan fungsinya untuk menarik khalayak.
Pertanyaan: Apa itu iklan? |
Petunjuk: Cek di halaman 1 |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Heni Widiastuti |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar