GridKids.id - Kids, kita akan menjawab uji kompetensi materi PPKN kelas 8 SMP halaman 20.
Sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang kedudukan dan fungsi Pancasila.
Sedikit mengulas materi sebelumnya, ada 5 kedudukan dan fungsi dari Pancasila, yaitu:
1. Pancasila sebagai dasar negara
2. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
3. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum negara
4. Pancasila sebagai kepribadian bangsa
5. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa
Kunci jawaban PKN kelas 8 halaman 20 Kurikulum Merdeka membahas nilai-nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa.
Uji Kompetensi
Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.
1. Rita sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk Rita. Semua pengurus kelas setuju. Sepulang sekolah, mereka menuju rumah Rita untuk menjenguk.
Mereka membawa jeruk dua kilogram sebagai buah tangan. Sesampainya di rumah Rita, semua masuk ke ruang tamu rumah Rita.
Hanya Sella yang tidak masuk. Ia memilih menunggu di teras. Rupanya, Sella merasa minder untuk masuk rumah Rita yang megah. Rita pernah meledek Sella sebagai anak miskin.
Jika kamu sebagai ketua kelas, bagaimana cara kamu mengajak Sella agar mau masuk ke ruang tamu rumah Rita?
Baca Juga: PPKN Kelas 8 : Nilai-Nilai dalam Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
Jelaskan nilai-nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut!
Jawaban:
Beri pemahaman kepada Sella, bahwa dia tidak perlu merasa minder karena semua manusia dipandang sama rata.
Hal ini seperti nilai yang terkandung pada sila ke-5 Pancasila, yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Nilai-Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah bangsa Indonesia menyadari bahwa manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
2. Rudi sedang menyapu halaman sekolah. Lalu, secara tidak sengaja Andi yang tengah berlari menabrak Rudi yang sedang mengambil sampah. Akibatnya, Rudi terjatuh dan sampahnya berserakan.
Menyadari kesalahannya, Andi segera meminta maaf. Namun, Rudi tidak begitu saja mau memaafkan Andi. Rudi mencaci Andi untuk melampiaskan kekesalannya. Rudi menilai Andi berlari dengan ceroboh.
Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mendamaikan antara Rudi dan Andi?
Jelaskan pula sila ke berapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!
Jawaban:
Sila ke-3: Rudi dan Andi tidak perlu meributkan hal tersebut, karena berdasarkan pada sila ke-3 Pancasila, bangsa Indonesia harus bersatu.
Baca Juga: 13 Contoh Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong yang Sesuai dengan Pancasila
Sila ke-3 yakni “Persatuan Indonesia”, merupakan landasan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
3. OSIS mengadakan kegiatan class meeting selepas Penilaian Akhir Semester (PAS).
Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada hari pelaksanaan, penanggung jawab empat cabang olahraga telah siap.
Sila ke-2: Pada dasarnya, apa yang kita lakukan, kita harus bertanggung jawab.
Sila ke-2 yakni "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Ini mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan yang dipegang oleh bangsa Indonesia, yaitu bahwa manusia adalah makhluk yang berbudaya, beretika, dan beragama.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar