GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 9 kali ini membahas tentang Praktika Lintas Bidang Informatika.
Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 9 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 239-242 membahas tentang pengembangan artefak komputasional.
Artefak Komputasional merupakan objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional.
Objek ini bisa berupa sebuah kode program, aplikasi, situs web, foto atau gambar, audio, video, presentasi, dan lain sebagainya.
Artefak komputasional dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.
Proses pengembangan artefak komputasional melalui proses berulang yang merefleksikan ide dan kreatifitas penciptanya untuk membuat sesuatu yang menjadi lebih efektif, efisien, indah, menarik, dan lainnya.
Pengembangan mesin hitung di kasir pasar swalayan misalnya akan membuat pencatatan transaksi pembelian yang lebih efektif dan efisien.
Pembuatan animasi yang indah akan membuat penontonnya enggak beranjak dari kursi penonton.
Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan tools pengembangan, seperti software integrated development tools (IDE), aplikasi video editing, aplikasi perkantoran, 3D drawing dan printing, dan lainnya.
Salah satu tools pengembangan artefak komputasional yang dipakai dalam modul ini yaitu papan sirkuit Makey Makey dan bahasa pemrograman Scratch.
Artefak komputasional bisa dikembangkan bersama-sama dengan semangat gotong royong dengan menggunakan tools kolaborasi seperti Google Drive, Google Docs, Office 365, GitHub, dan lainnya.
Baca Juga: Mengenal Fitur Aplikasi, Materi Informatika Kelas VIII SMP
Kolaborasi Pengembangan dan Komunikasi Efektif
Contohnya dari artefak komputasional yaitu inovasi komputasi yang tampak seperti robot, drone, dan mobil otonom.
Inovasi nonfisik seperti perangkat lunak aplikasi seperti TikTok, Twitter, Tokopedia, Gojek, dan lain sebagainya.
Salah satu perkakas pengembangan artefak komputasional digunakan pada aktivitas adalah Makey Makey.
Makey Makey merupakan papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver.
Eric dan Jay menciptakan Makey Makey karena mereka percaya bahwa tiap orang pada hakekatnya kreatif, inovatif, dan imajinatif dan bisa menciptakan masa depan dan mengubah dunia. .
Nama Makey diambil dari kata "make" (membuat) dan "key" (kunci atau tombol)= "Make anythink into keyboard".
Makey Makey sendiri merupakan papan sirkuit yang bisa dihubungkan ke komputer dan bisa berfungsi seperti keyboard.
Kita bisa membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor.
Konduktor merupakan sifat benda yang bisa mengantarkan arus listrik baik secara kuat atau lemah.
Segala macam benda di sekitar kita bisa menghantarkan listrik, bisa berguna sebagai alat masukan ke komputer seperti layaknya sebuah keyboard.
Pertanyaan: |
Seperti apa proses terjadinya pengembangan artefak komputasional? |
Petunjuk, cek lagi page 1. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia |
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar