GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Informatika Kelas 7 SMP bab 3 kali ini kamu akan masuk ke pembahasan tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Dalam buku materi Informatika kelas 7 SMP bab 3 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud hlm. 39-42 membahas tentang pengenalan antarmuka pengguna.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kini sudah merambah ke banyak aspek kehidupan manusia, banyak juga menghasilkan perkakas yang membantu pekerjaan manusia sehari-hari.
Perkembangan teknologi yang cepat akhirnya melahirkan berbagai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang baru.
Alat elektronik dan peranti TIK menjadi lebih murah dan terjangkau sehingga para penggunanya akan lebih terdorong untuk memiliki berbagai peranti yang lebih efisien.
Manusia selalu berinteraksi dengan perangkat dengan berbagai cara dan menggunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan berbagai perangkatnya, seperti misalnya televisi, pendingin ruangan, oven, kipas angin, dan lain sebagainya.
Teknologi kini bahkan bisa menjangkau interaksi antar perangkat dengan penggunanya lewat tombol nyata, papan kunci, sentuhan antarmuka grafis (Graphical User Interface/GUI), atau Voice User Interface (VUI).
GUI umum ditemukan dalam perangkat komputer, smartphone, perangkat game, hingga pemutar MP3, penggunaannya lebih populer karena lebih intuitif dan mudah dipelajari.
GUI adalah sebuah sistem komponen visual interaktif yang diterapkan dalam software komputer, smartphone, dan berbagai perangkat elektronik lain.
GUI menampilkan objek yang menyampaikan informasi dan mewakili tindakan yang bisa diambil oleh penggunanya dan bisa berubah warna, ukuran, atau visibilitas ketika pengguna melakukan interaksi dan mengkliknya.
Lalu, apa saja contoh dari GUI yang ditanamkan dalam sebuah perangkat lunak elektronik yang kita temui dan pergunakan setiap harinya?
Baca Juga: Algoritma: Pengertian dan Jenisnya Berdasar Fungsi, Informatika Kelas 7 SMP
Contoh GUI dalam Perangkat Lunak Elektronik
1. Button
Tombol button adalah pintasan pada keyboard yang digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak.
Beberapa di antaranya bisa digunakan secara mandiri dan beberapa lainnya digunakan dengan kombinasi.
2. Dialog Box
Dialog box adalah jenis window yang menampilkan informasi tambahan dan meminta input dari penggunanya.
Opsi yang ditampilkan dalam dialog box itu misalnya cut, copy, view, open, dan lain sebagainya.
3. Icon
Icon merupakan sebuah gambar grafis kecil dari suatu program, fitur, atau file.
Icon memungkinkan pengguna untuk mengenali sebuah fitur, program, atau file.
Hal ini bertujuan supaya pengguna enggak akan salah dalam berinteraksi atau mengoperasikan perngkat lunaknya.
Baca Juga: Struktur dan Representasi Data pada Komputer, Informatika Kelas 7 SMP
4. Menu
Menu adalah daftar perintah atau pilihan yang ditawarkan pada pengguna lewat bilah menu yang terbagi dari beragam ikon program.
Beberapa di antaranya seperti misalnya fitur atau file yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Enggak hanya menampilkan icon, menu juga menyertakan program, fitur, juga file-nya.
5. Menu Bar
Menu bar atau bilah menu merupakan bilah horizontal tipis yang berisikan ikon program, fitur, maupun file yang ada dalam sebuah komputer.
Enggak semua ikon yang ada dalam komputer ada dalam menu bar.
Pengguna bisa menambahkan atau mengurangi icon yang ada di dalam menu bar supaya akses bisa lebih efisien.
6. Tab
Tab merupakan area yang bisa diklik di bagian atas jendela yang menampilkan halaman atau area lainnya.
Biasanya tab akan ditemukan ketika membuka aplikasi browser seperti Microsoft edge, Firefox, Chrome, Opera, dan lain sebagainya.
Pertanyaan: |
Di manakah GUI umum ditemukan dan diaplikasikan? |
Petunjuk, cek lagi page 1. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia |
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar