GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kita telah membahas hal-hal yang memengaruhi permintaan di luar harga barang itu sendiri.
Berdasarkan pada buku Kurikulum Merdeka materi IPS kelas 10 SMA, GridKids akan mencari tahu faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri.
Jika permintaan merupakan dari sudut pandang konsumen, maka penawaran berasal dari perspektif produsen.
Penawaran atau supply adalah kesediaan penjual untuk menyerahkan berbagi barang pada tingkat harga dalam waktu dan keadaan tertentu.
Pada dasarnya penawaran merupakan teori yang membahas hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga barang itu sendiri.
Hukum teori penawaran berlawanan dengan hukum pada teori permintaan.
Diketahui teori penawaran juga menggunakan hukum ceteris paribus, yang berarti faktor-faktor lain selain harga barang itu sendiri dianggap tetap.
Dikarenakan hukum penawaran berlawanan dengan hukum permintaan, maka kurva penawaran juga berlawanan dengan kurva permintaan.
Di bawah ini merupakan faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri, apa saja?
Faktor yang Memengaruhi Penawaran di Luar Harga Barang
1. Biaya Produksi
Baca Juga: Jawab Pertanyaan IPS Kelas 10 SMA: Bagaimana Harga Pasar Dapat Terbentuk?
Biaya produksi termasuk salah satu faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang.
Ini dikarenakan produsen akan menjual produknya dengan tingkat keuntungan tertentu sehingga harga dasar untuk memproduksi produk tersebut akan memengaruhi penawaran produsen.
Nah, produsen juga akan memperhatikan efektivitas dan efisiensi cara yang digunakan untuk memproduksi suatu barang.
2. Teknologi
Salah satu faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang adalah teknologi.
Perusahaan yang menggunakan teknologi canggih akan menghasilkan barang lebih banyak dengan biaya yang lebih murah.
3. Pajak dan Subsidi
Kebijakan yang terkait dengan pajak dan subsidi akan memengaruhi penawaran.
Misalnya, jika pajak suatu barang dinaikkan maka permintaan akan cenderung menurun sehingga memengaruhi penawaran.
Namun, sebaliknya saat suatu barang mendapat subsidi dari pemerintah maka harga barang tersebut akan turun dan memengaruhi tingkat permintaan.
Baca Juga: IPS Kelas 10 SMA: Contoh Kegiatan Produksi, Distribusi, dan Konsumsi di Lingkungan Sekitar
4. Perkiraan Harga di Masa Depan
Kids, pada situasi dan kondisi tertentu, perusahaan memprediksi tentang kebutuhan yang tinggi atas suatu barang atau jasa sehingga bisa memengaruhi suatu penawaran.
Nah, sebagai contohnya pada musim hujan diprediksi terjadi kenaikan permintaan terhadap jas hujan sehingga memengaruhi harga penawarannya.
Itulah informasi tentang faktor-faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri, materi IPS kelas 10 SMA.
Pertanyaan: Apa pengertian dari penawaran? |
Petunjuk: Cek di halaman 1. |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar