GridKids.id - Kids, pada buku Kurikulum Merdeka materi Bahasa Indonesia kelas X SMA terdapat sebuah puisi.
Nah, setelah membaca puisi "Gadis Peminta-Minta" karya Toto S. Bachtiar kita akan menjawab beberapa pertanyaan.
Puisi "Gadis Peminta-Minta" memiliki empat bait dengan 16 larik atau baris.
Puisi "Gadis Peminta-Minta" ditulis pada tahun 1956 yang menceritakan tentang nasib para pengemis di Indonesia, terutama di Jakarta.
Pada waktu itu, Jakarta sedang enggak stabil perekonomiannya setelah Indonesia bebas dari penjajahan dan sedang dalam tahap membangun negara yang stabil, Kids.
Berdasarkan puisi "Gadis Peminta-Minta" kita akan mencari tahu perasaan, nada, suasana, tema, dan amanat yang terkandung, ya.
Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan puisi "Gadis Peminta-Minta", materi Bahasa Indonesia kelas X SMA!
Jawaban dari Pertanyaan Puisi "Gadis Peminta-Minta"
1. Perasaan apa yang ingin diungkapkan penyair dalam puisi tersebut? Jelaskan!
Jawaban: Puisi "Gadis Peminta-Minta" berisi ungkapa hati penyair tentang keharuan dan rasa sedih terhadap keadaan dari gadis peminta-minta pembawa kaleng kecil.
Nah, hal ini diungkapkan pada larik puisi yang berbunyi 'Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka'.
Baca Juga: Bahasa Indonesia Kelas X SMA: 5 Kosakata Baru dalam Teks 'Pro dan Kontra Puisi Esai'
2. Jelaskan bagaimana nada dan suasana yang terkandung dalam teks puisi di atas!
Jawaban: Nada dan suasana yang terkandung dalam teks puisi "Gadis Peminta-Minta" adalah sedih, iba, haru, dan penuh empati.
Suasana sedih dan haru terlihat pada bait kedua. Pada keempat larik bait kedua menjelaskan suasana sedih dan haru yang dirasakan penulis.
Sementara suasana iba dan empati muncul saat penulis mengungkapkan kepeduliannya untuk mendatangi tempat tinggal gadis peminta yang berada di bawah jembatan yang tergenang air kotor.
3. Jelaskan makna dan amanat yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut!
Jawaban: Makna dari puisi "Gadis Peminta-Minta" berbicara tentang kemanusiaan.
Bahwa sesama manusia harus saling menghargai tanpa memandang kedudukan sosial.
Sementara amanat dalam puisi "Gadis Peminta-Minta" ialah untuk menciptakan hubungan yang harmonis dalam kehidupan sosial, diperlukan rasa simpati dan empati.
4. Pernahkah kalian bertemu dengan gadis kecil peminta-minta? Jelaskan apa yang kalian pikirkan dan rasakan saat bertemu gadis kecil peminta-minta tersebut!
Jawaban: Pernah. Saat bertemu dengan gadis kecil peminta-minta saya merasa iba dan berempati.
Baca Juga: Jawab Pertanyaan Ringkasan Isi Teks 'Pro dan Kontra Puisi Esai', Bahasa Indonesia Kelas X SMA
5. Apa tema teks puisi di atas? Jelaskan bukti atau alasannya?
Jawaban: Tema puisi "Gadis Peminta-Minta" karya Toto S. Bachtiar bertemakan kepedulian sosial.
Hal ini dibuktikan pada larik-larik puisi yang menceritakan tentang kehidupan gadis kecil peminta-minta.
Demikianlah informasi tentang jawaban materi Bahasa Indonesia kelas X SMA.
Pertanyaan: Pada tahun berapa puisi "Gadis Peminta-Minta" karya Toto S. Bachtiar ditulis? |
Petunjuk: Cek di halaman 1. |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar