GridKids.id - Pada pembahasan kelas 5 SD tema 3, kita akan belajar tentang iklan.
Dalam materinya terdapat pertanyaan, apa perbedaan antara bahasa iklan dan bahasa sehari-hari?
Untuk itu, yuk, kita simak isi materinya untuk menemukan jawabannya, ya!
Kamu mungkin sering melihat iklan di rumah, baik itu iklan televisi, internet, maupun majalah.
Namun, bagaimana penggunaan bahasa iklan dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari?
Kedua hal ini nyatanya berbeda, Kids. Berikut adalah penjelasan lengkapnya!
Bahasa Iklan
Bahasa iklan memikiki ciri tertentu. Biasanya dipakai untuk menunjukkan kelebihan barang atau benda yang diiklankan. Ciri-cirinya, yaitu:
1. Dapat menggunakan bahasa formal dan non formal.
2. Bahasa formal digunakan untuk jenis iklan media cetak seperti pamflet dan majalah.
Dan untuk nonformal digunakan pada media iklan elektronik seperti televisi.
Baca Juga: 4 Ciri Iklan Elektronik dan Bahasa yang Digunakan, Kelas 5 SD Tema 3
3. Bahasa singkat, padat, dan jelas
Bahasa iklan singkat, padat, dan jelas karena saat membust iklan harus ada batasan waktu atau kolom yang ditaati.
3. Bersifat persuasif
Bahasa iklan mengandung kalimat mengajak yang bertujuan untuk menarik perhatian dan minat pembaca agar membeli suatu produk.
4. Menggunakan Slogan
Dalam kalimat iklan biasanya ditemukan beberapa slogan.
Dalam KBBI, Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek, mencolok, dan mudah diingat. Slogan tersebut berfungsi untuk menjelaskan tujuan dari produk tersebut.
Bahasa Sehari-hari
1. Bahasa yang santai
Bahasa sehari-hari ditemukan saat ada interaksi antara seseorang dengan orang lain.
Baca Juga: 10 Contoh Kalimat Persuasif, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
Bahasa yang digunakan bersifat santai yang berfungsi untuk menyampaikan maksud di dalam pikiran seseorang.
Sering juga ditemukan penggunaan bahasa formal. Jika seseorang sedang berinteraksi dengan orang yang lebih tua atau dalam acara yang bersifat formal.
2. Bahasa jelas dan lengkap
Penggunaan bahasa cenderung lebih lengkap dan jelas dengan maskud tertentu.
Selain itu, bahasa sehari-hari juga enggak dibatasi oleh waktu ataupun kolom tertentu.
3. Punya banyak sifat
Kalimat yang digunakan dalam bahasa sehari-hari, tak hanya sebatas kalimat mengajak saja.
Tetapi juga ada kalimat perintah yang tujuan untuk memerintah orang lain, kalimat berita yang bertujuan memberi informasi penting kepada orang lain.
Nah, itu dia perbedaan antara bahasa iklan dan bahasa sehari-sehari.
Pertanyaan: Sebutkan salah satu ciri bahasa iklan! |
Petunjuk: Cek di halaman 1 |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Heni Widiastuti |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar