GridKids.id - Pada pembahasan materi kelas 5 SD tema 3, kita akan belajar tentang iklan elektronik.
Di dalam materinya terdapat pertanyaan, apakah ciri-ciri dalam bahasa iklan elektronik?
Untuk menjawabnya, kamu diminta membaca isi materinya seperti berikut ini!
Iklan elektronik adalah jenis iklan yang ditampilkan atau disiarkan lewat media seperti televisi dan radio.
Iklan elektronik merupakan iklan yang menggunakan media atau peralatan elektronik seperti radio, telepon, televisi, dan internet.
Iklan elektronik harus dibikin sekreatif mungkin agar dapat menarik minat konsumen pada sebuah produk.
Iklan elektronik pun terbagi menjadi dua yaitu hanya suara atau audio dan tampilan gambar atau audio visual.
Jika dibandingkan dengan jenis iklan media cetak, iklan elektronik dapat menjangkau lebih banyak orang.
Tetapu, harga iklan elektronik ini cenderung mahal dibandingkan dengan jenis iklan lainnya.
Ciri-ciri Iklan Elektronik dan Bahasanya
Ciri utama iklan elektronik yaitu karakteristik iklan yang dapat ditampilkan seperti suara dan gambar.
Baca Juga: 10 Contoh Kalimat Persuasif, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
Iklan elektronik juga memiliki durasi waktu untuk menampilkan iklannya.
Sedangkan bahasa yang digunakan adalah harus menarik, mudah dipahami, dan bersifat membujuk atau persuasif.
Penggunaan bahasa dalam iklan elektronik harus efektif agar dapat disampaikan dengan mudah.
Iklan elektronik dapat menggunakan bahasa yang cenderung sopan dan tepat.
Sopan dalam arti tak menyinggung kelompok tertentu, dan tepat yang berarti sesuai dengan makna iklan yang disampaikan.
Ciri-ciri lain pada Iklan Elektronik, yaitu:
1. Bahasa yang digunakan menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif.
2. Karakteristik iklan bisa berupa suara dan visual.
3. Memiliki durasi yang cenderung singkat.
4. Pemilihan kata dalam iklan elektronik lebih menonjolkan informasi penting tentang sebuah produk.
Bahasa Iklan Elektronik
Baca Juga: 10 Contoh Kalimat Imperatif, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
1. Hiperbola
Ucapan kiasan yang dibesar-besarkan dan dikemukakan sedikit dari waktu yang sebenarnya digunakan.
2. Persuasif
Komunikasi yang digunakan untuk memengaruhi kepercayaan pembaca.
3. Sugestif
Sugesti merupakan pemberian pengaruh atau dari satu pihak pada pihak lainnya.
4. Propaganda
Propaganda adalah serangkaian pesan dengan tujuan agar dapat memengaruhi pendapat seseorang dan tindakannya.
5. Informatif
Informatif dimaknai sebagai iklan yang bisa memeberikan informasi kepada pembaca mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
Nah, itulah penjelasan tentang apa itu iklan elektronik, ciri, dan bahasa yang digunakan.
Pertanyaan: Apa itu iklan elektronik? |
Petunjuk: Cek di halaman 1 |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Heni Widiastuti |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar