GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Bahasa Indonesia kali ini kamu akan diajak membaca sebuah teks bacaan lagi.
Dalam buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 140-142 terdapat teks berjudul "Bertualang di Sabana Sumba" oleh B.E. Priyanti.
Jawab pertanyaan dari Teks 'Bertualang di Sabana Sumba', Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 6, yuk!
Tokoh 'Aku' di ceritakan berkunjung ke Bukit Warinding, sebuah dataran tinggi sabana yang sangat luas di Sumba Timur.
Pulau Sumba adalah salah satu wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan wilayah yang membentang dari Sumba Barat hingga Sumba Timur.
Lanskap pemandangan alam di pulau ini terdiri dari sabana, bukit kapur, hingga lautan yang cukup unik dan jarang ditemukan di wilayah lainnya di Indonesia.
Dua tokoh yang ditampilkan dalam teks bacaan adalah tokoh 'aku' dan sepupunya yang bernama Arman.
Selain Bukit Warinding, ada kawasan sabana lain yang merupakan vegetasi khas Sumba di sekitar Puru Kambera.
Kawasan sabana itu sering jadi destinasi wisata karena banyak terdapat kuda liar Sumba yang terlihat di alam bebas.
Ketika musim kemarau gerombolan-gerombolan kuda akan mudah ditemukan karena kondisi sabana yang kering sehingga mendukung gerak kuda-kuda itu untuk merumput.
Namun, sebelum pergi ke kawasan sabana itu perlu persiapan yang matang karena di lokasi sabana itu enggak banyak tersedia fasilitas seperti umumnya destinasi-destinasi wisata lainnya.
Baca Juga: Definisi dan Ciri-Ciri Bioma Sabana: Dikelilingi Padang Rumput yang Luas
Berikutnya kamu diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan di hlm. 142 buku materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Kalian boleh membaca lagi cerita tersebut untuk lebih memahaminya.
a. Bagaimana menurut kalian cerita "Bertualang di Sabana Sumba" secara keseluruhan?
Jawab: teks bacaan "Bertualang di Sabana Sumba" adalah bacaan yang cukup menarik.
Pada teks ini ditunjukkan tentang sebuah rencana liburan yang dirancang jauh-jauh hari, karena tokoh "aku" bahkan menabung untuk mewujudkan rencana liburan ini.
Dari teks bacaan ini, kamu juga bisa mengenal salah satu bagian lanskap alam di Indonesia yang unik dan enggak mudah ditemukan di bagian-bagian lain wilayah Indonesia.
b. Apakah judul cerita sudah menggambarkan isi cerita?
Jawaban: belum. Karena judul bertuliskan 'Berpetualang di Sabana Sumba' namun isi paragraf belum menceritakan petualangan dari tokoh 'Aku' dan Arman di sabananya.
Cerita berhenti di fakta bahwa petualangan mereka baru akan dimulai besok hari setelah semua persiapan untuk berkunjung ke Sabana sudah dilakukan.
c. Bagaimana pendapat kalian tentang ilustrasi pada cerita ini?
Jawab: Ilustrasi yang menunjukkan bahwa tokoh 'Aku' dan Arman sepupunya menunjukkan interaksi dengan kuda-kuda liar Sumba meski hal itu belum terjadi.
Baca Juga: Jawab Pertanyaan 'Mencari Informasi Tentang Sejarah Uang', Kelas 4 SD Tema 5
Gambaran ilustrasi ini mungkin merupakan bayangan dan imajinasi tokoh Aku tentang liburannya di Sumba, NTT.
Fakta bahwa kuda liar adalah daya tarik sabana di Sumba ini, bisa jadi tokoh aku dan Arman mungkin enggak bisa berinteraksi terlalu dekat tanpa bantuan pawang khusus.
Pertanyaan: |
Kapankah kuda-kuda liar Sumba yang tinggal di Sabana pergi merumput? |
Petunjuk, cek lagi page 1. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar