GridKids.id - Kids, dalam artikel belajar dari rumah (BDR) materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD sebelumnya kamu diajak memerhatikan teks fabel "Ditukar dengan Apa?".
Dalam buku materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 112 terdapat pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu jawab secara mandiri.
Kamu diminta untuk mencari informasi yang bisa menjawab kata-kata tanya yang tercantum di bawah ini tentang sejarah uang.
Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa dijadikan contoh untuk membantumu mencari informasi.
Yuk, simak jawaban pertanyaan-pertanyaannya di bawah ini, Kids.
Pertanyaan-Pertanyaan di Halaman 112
a. Kapankah manusia mulai mengenal konsep uang?
Jawaban: Sebelum uang ditemukan, manusia menggunakan konsep barter atau menukar barang dengan barang.
Barter merupakan sistem transaksi yang pertama kali digunakan oleh manusia, karena ketika itu manusia belum mengenal sistem uang.
Barter adalah pertukaran barang dengan barang, jasa dengan jasa, barang dengan jasa, atau sebaliknya.
Ketika itu manusia sudah merasa kalau mereka perlu membutuhkan sesuatu yang dihasilkan oleh pihak lainnya yang punya sumber daya lainnya.
Baca Juga: 10 Nama Mata Uang Negara ASEAN dan Nilai Tukarnya dalam Rupiah
Populasi manusia yang makin banyak mendorong manusia harus memenuhi kebutuhannya yang makin beragam dan membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.
Sistem barter mulai ditinggalkan karena makin sulit menentukan kadar atau standar nilai tukar yang pas dan pantas untuk semua jenis barang atau jasa yang diperlukan manusia.
b. Bagaimanakah bentuk uang pada masa itu?
Jawaban:
- uang barang: Sebelum ditemukan mata uang ada beberapa benda yang digunakan untuk alat pertukaran umum.
Barang-barang yang dilakukan sebagai alat pertukaran seperti garam, emas, kulit hewan, batu-batuan berharga, logam, kulit pohon, kerang yang indah.
- uang logam : setelah masa uang barang, uang logam dipilih sebagai alat transaksi yang punya nilai tinggi, lebih tahan lama, enggak mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, dan efisien untuk dibawa.
- uang kertas: Masyarakat tak lagi menggunakan emas atau uang logam tapi mulai berganti jadi uang kertas.
- uang digital: Kini bahkan uang mulai tak perlu ditunjukkan dalam bentuk fisik tapi bisa dijadikan alat pembayaran dan alat transaksi yang sah dan praktis.
c. Mengapa manusia menciptakan uang?
Jawaban: uang diciptakan sebagai alat tukar yang sah dan berlaku secara formal di sebuah negara.
Baca Juga: Peran Ekonomi dalam Menyejahterakan Masyarakat, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 9
d. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan saat belum ada konsep uang?
Jawaban: Manusia melakukan barter dengan menukarkan barang yang dimilikki dengan barang orang lain sesuai dengan keperluan dan kesepakatan bersama.
Pertanyaan: |
Apakah yang dimaksud dengan sistem barter? |
Petunjuk, cek lagi page 2. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar