GridKids.id - Pada materi sebelumnya, kita telah membahas tentang perdagangan internasional yang dilakukan oleh antar negara.
Nah, kali ini kita akan membahas tentang apa saja yang menjadi faktor-faktor pendorong perdagangan internasional.
Apa kamu masih ingat apa itu perdagangan internasional?
Perdagangan internasional merupakan sebuah kegiatan atau aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh dua negara berbeda seperti melakukan kegiatan ekspor dan impor.
Perdagangan internasional terjadi jika jika kedua negara memiliki hubungan erat dengan keuangan.
Yang mana, kedua hal di atas enggak dapat dipisahkan karena perdagangan internasional ini bisa diartikan sebagai perdagangan antarnegara yang punya hubungan perdagangan sesuai dengan kesepakatan kedua bela pihak.
Jadi, dalam pelaksanaannya, perdagangan internasional memiliki beberapa faktor pendorongnya.
Berikut adalah beberapa faktor pendorong internasional, yaitu:
1. Memenuhi kebutuhan nasional
Baca Juga: Perdagangan Internasional: Manfaat, Dampak Positif dan Negatifnya
Suatu negara yang belum mampu memenuhi semua barang dan jasa yang menjadi kebutuhan penduduk akan berusaha untuk memenuhinya dengan cara mengimpor barang atau jasa dari luar negeri.
2. Sumber daya alam yang berbeda
Tiap negara memiliki sumber daya alam berbeda termasuk Indonesia yang dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah.
Mulai dari minyak bumi, batu bara, kayu, timah, dan rempah-rampah. Walau begitu, Indonesia belum memiliki kemampuan untuk mengolah semua sumber daya alamnya.
Hal inilah yang mendorong Indonesia untuk terus melakukan ekspor bahan mentahnya ke negara-negara lain untuk diolah.
3. Punya selera yang berbeda
Perdagangan internasional ini muncul karena adanya selera barang atau jasa yang berbeda-beda pada setiap negara.
Pola konsumsi barang inilah yang berubah di suatu negara dan dapat meningkatkan kepuasan semua pihak tanpa merasa ada yang dirugikan.
4. Hemat biaya produksi
Baca Juga: Pembagian Wilayah Laut Indonesia Berdasarkan Konvensi Hukum Laut Internasional
Perdagangan internasional ini muncul karena adanya perbedaan kemampuan teknologi atau kekayaan faktor produksi lainnya.
Hal inilah yang dapat menghemat biaya produksi. Negara yang sulit memproduksi suatu barang membutuhkan barang dari negara yang memiliki kemampuan teknologi atau kekayaan dari faktor produksi yang lebih banyak.
Contohnya seperti negara A yang belum punya teknologi canggih untuk membuat mobil sehingga, akan lebih memilih untuk membeli produk tersebut dari negara yang membuatnya.
Nah, itu dia pembahasan tentang perdagangan internasional serta faktor-faktor yang menjadi pendorongnya yang meliputi 4 hal.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Heni Widiastuti |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar