GridKids.id - Kids, sebelumnya kita sudah membahas tentang kegiatan ekonomi yang dilakukan di pasar.
Kali ini kamu akan diajak untuk mengenal berbagai jenis pasar berdasarkan motif pembelinya.
Motif pembelian memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli suatu produk atau barang.
Menurut Nitisemito (1986), motif pembelian merupakan segala sesuatu yang melatarbelakangi dan memengaruhi individu untuk melakukan tindakan atau membeli barang, lalu menjelaskan alasan-alasan dilakukannya sebuah pembelian.
Baca Juga: Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Wujudnya Serta Ciri-Cirinya, Apa Saja?
Jika didasarkan oleh motif pembelinya, pasar dibagi menjadi 5 jenis, yaitu pasar konsumen, pasar produsen, pasar penjual, pasar pemerintah, dan pasar internasional.
Yuk, kita bahas satu-persatu detailnya di bawah ini!
1. Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi sendiri, dan bukan untuk dijual lagi atau diproses lebih lanjut.
Misalnya orang yang berbelanja kebutuhan rumah bulanan di supermarket, orang yang membeli pakaian di butik, atau orang yang membeli peralatan elektronik untuk dipakai di rumah.
2. Pasar Produsen
Pasar produsen dikenal juga dengan pasar industri, merupakan pasar yang terdiri dari individu maupun organisasi yang memerlukan barang dan jasa untuk diproses atau diproduksi lebih lanjut.
Misalnya, seorang desainer yang pergi ke toko tekstil untuk memilih bahan kain yang akan digunakan untuk merancang sebuah desain busana pesanan.
Baca Juga: Aspek Etis pada Kegiatan Produksi Barang dan Jasa, IPS Kelas VII SMP
3. Pasar Penjual
Pasar penjual adalah kondisi pasar di mana terjadi kekurangan barang yang tersedia untuk dijual.
Kondisi pasar ini dikuasai oleh penjual, sehingga pada standar berapapun harga yang ditawarkan, barang akan tetap dibeli oleh pembeli.
Misalnya, ketika terjadi kelangkaan sembilan bahan pokok (sembako), harga yang ada di pasar adalah patokan harga yang ditetapkan sendiri oleh penjual.
4. Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar di mana terdapat lembaga-lembaga pemerintah, seperti yang terdapat di departemen-departemen, direktorat, kantor, atau instansi lainnya. Contohnya pasar kabupaten atau pasar kota.
5. Pasar Internasional
Pasar ini secara geografis berada di luar batas internasional sebuah negara tempat perusahaan ini berdiri.
Motif pembelian dari jenis pasar ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat international karena ada kebutuhan yang enggak bisa didapatkan di negaranya sendiri.
Contoh pasar internasional adalah pasar tembakau di Bremen, Jerman dan Pasar Kopi di Santos, Brazil.
Itulah penjelasan tentang lima jenis pasar berdasarkan motif pembelinya.
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang memungkinkan terjadinya kegiatan ekonomi yang menguntungkan semua pihak.
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar