GridKids.id - Kids, saat ini kita akan membahas tentang strategi pemasaran apa yang akan dipilih untuk usahamu pada materi kelas 6 SD tema 5.
Sebelumnya, kamu juga harus tahu apa itu strategi pemasaran?
Strategi pemasaran adalah suatu usaha untuk memasarkan produk atau jasa kepada khalayak.
Secara singkat, strategi pemasaran merupakan serangkaian usaha yang dilakukan agar dapat mencapai suatu tujuan dalam berwirausaha.
Baca Juga: Materi Kelas 6 SD Tema 4, Apa Saja Manfaat Mencintai Produk dalam Negeri?
Wirausaha berada dalam posisi yang sangat strategis untuk mencapai keberhasilan dalam pemasaran dan usaha.
Walau produk dan jasa memiliki kualitas yang baik, jika enggak dibarengi dengan strategi pemasaran, maka hasilnya kurang memberi keuntungan.
Lalu, strategi pemasaran apa yang harusnya dilakukan?
Fungsi Strategi Pemasaran
Sebelum mengetahui apa saja strategi yang dapat dipilih untuk sebuah usaha, kamu harus mengetahui apa saja fungsi strategi pemasaran.
Berikut 4 fungsi strategi pemasaran, yaitu:
1. Sebagai alat bantu untuk meraih berbagai tujuan perusahaan dalam jangka panjang dan pendek.
2. Sebagai alat bantu untuk menilai prestasi kerja.
Baca Juga: Mengisi Formulir Pengiriman Barang, Materi Kelas 6 SD Tema 5
3. Untuk mengatur jalannya bisnis sehingga tim pemasaran dapat berjalan dengan efektif dan sesuai target.
4. Akan meningkatkan motivasi pada bisnis yang telah dilakukan. Strategi ini akan mengharuskan para pelaku bisnis agar dapat memperkirakan jalanya bisnis di masa yang akan datang dan dapat memberi semangat agar lebih optimal.
Contoh Strategi Pemasaran yang Dapat Dilakukan Oleh Siswa
1. Strategi Pemasaran Lewat Selebaran
Strategi pemasaran adalah sebuah usaha yang dilakukan dalam selebaran seperti poster. Yang membedakannya adalah dari segi ukuran yang digunakan.
Selebaran juga dapat langsung diberikan kepada konsumen.
2. Strategi Pemasaran Lewat Poster
Hampir sama seperti selebaran, strategi pemasaran lewat poster ini dilakukan untuk memasarkan sebuah produk.
Poster biasanya diletakkan di tenpat-tempat strategis yang banyak dilihat oleh konsumen.
3. Strategi Pemasaran Secara Langsung
Strategi pemasaran secara langsung dilakukan dengan cara bertatap muka denga target konsumen.
Seiring berkemangnya zaman, strategi ini juga dapat dilakukan dengan sosial media dan internet yang cakupannya luas dan lebih menguntungkan.
Nah, dari ketiganya, kamu dapat memilih strategi pemasaran secara langsung karena lebih mudah dan praktis dibanding dengan strategi pemasaran lainnya.
Kids, itulah strategi pemasaran apa yang akan dipilih untuk usahamu pada materi kelas 6 SD tema 5.
Baca Juga: Mengenal Alat Musik Tradisional dari Berbagai Daerah di Indonesia, Kelas 6 SD Tema 6
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Heni Widiastuti |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar