GridKids.id - Kids, apa kamu sering bermain Snapchat?
Snapchat adalah aplikasi pesan foto. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna.
Sampai sekarang, Snapchat masih terus memperbaiki kualitas aplikasinya agar enggak kalah dengan media sosial lainnya.
Nah, rupanya Snapchat juga enggak mau ketinggalan demam video ala TikTok yang sedang melanda media-media sosial, nih.
Pelopor konten model stories itu pun memperkenalkan Spotlight, sebuah tab khusus di aplikasinya yang berisi video-video pendek.
Durasi maksimal video Spotlight adalah 60 detik. Tampilan antarmukanya di aplikasi mirip dengan halaman "For You" (FYP) di TikTok.
Pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain.
Lalu, mereka bisa mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.
Sama seperti FYP, Spotlight juga mengandalkan algoritma agar konten-konten yang ditampilkan sesuai dengan aktivitas, hobi, atau minat pengguna.
Meski begitu, konten yang diunggah ke Spotlight enggak bisa dikomentari seperti video TikTok, Kids.
Namun sebagai gantinya, pengguna bisa memberikan likes dan membagikan (forward) konten tersebut ke teman-teman.
Pengguna bisa membuat video Spotlight dengan cara membuka aplikasi Snapchat dan merekam video, atau membuat Snap seperti biasa.
Video kemudian bisa ditambahi efek, stiker, musik, dan lain sebagainya.
Setelah meng-klik tombol "Send" dan memilih menu "Spotlight" di tampilan selanjutnya, video tersebut akan diunggah ke halaman Spotlight yang bisa diakses melalui sebuah tab baru, posisinya tepat di sebelah kanan tab "Discover".
Baca Juga: Cara Menggunakan Fleets, Fitur Baru Twitter yang Mirip Insta Stories
Baru Tersedia di Beberapa Negara
Video yang diunggah ke Spotlight akan bisa dilihat oleh pengguna umum (public).
Kalau cuma ingin diperlihatkan ke kalangan terbatas, pengguna bisa mengunggahnya ke tab "Stories" secara private, atau ke beberapa teman seperti biasanya.
Sportlight saat ini baru tersedia di beberapa negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia, New Zealand, dan sejumlah negara-negara Eropa.
Dalam rangka mendorong para penggunanya agar rajin mengunggah ke Spotlight, Snapchat punya strategi sendiri.
Mereka mengatakan akan membagi-bagikan dana reward sebesar 1 juta dollar AS Rp 14,2 miliar per hari untuk mereka yang videonya populer, lo!
Dalam sebuah pengumuman di situsnya, Snapchat mengatakan kalau program (reward) tersebut berlangsung sampai akhir 2020 dan kemungkinan masih akan terus berlanjut setelah itu.
(Penulis: Bill Clinten)
Baca Juga: Bikin Gemas! Filter Aplikasi Ini Bisa Ubah Wajah Anjing Jadi Karakter Disney, Mana Favoritmu?
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di https://www.gridstore.id.
Source | : | KOMPAS.com |
Penulis | : | Danastri Putri |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar