GridKids.id - Mekanisme sistem organ adalah materi X-Sains untuk program Belajar dari Rumah di TVRI pada Selasa, 9 Juni 2020.
Tayangan ini untuk siswa kelas 4, 5, dan 6 SD.
Kali ini, GridKids akan memberikan ringkasan, soal, dan jawaban dari pertanyaan materi X-Sains: Mekanisme Sistem Organ.
Setelah tayangan ini, diharapkan siswa bisa:
- Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali.
- Mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut.
- Menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya.
Nah, sekarang kita kerjakan soal pada materi ini, yuk!
Baca Juga: Soal dan Jawaban Menjaga Hutan Indonesia, Belajar dari Rumah TVRI, 5 Juni 2020
Soal dan Jawaban X-Sains: Mekanisme Sistem Organ, Materi Belajar dari Rumah TVRI 9 Juni 2020
1. Dua gelas ukur berukuran besar dan kecil. Gelas besar diisi air dan gelas kecil posisi telungkup di dalam gelas besar. Volume air 750 cm3. Iwan dan Bedu masing-masing menghembuskan udara ke dalam gelas dengan sedotan. Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!
Jawab:
Berdasarkan tayangan, kapasitas paru-paru bisa dihitung dengan jumlah udara yang ditiupkan.
Pada soal tersebut, sudah diketahui Iwan mampu meniupkan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3 udara.
Dengan demikian, bisa disimpulkan kapasitas paru-paru Iwan lebih besar.
Baca Juga: Soal dan Jawaban Sahabat Pelangi: Senam Irama, Belajar dari Rumah TVRI, 5 Juni 2020
2. Bagaimanakah proses terjadinya pencernaan makanan dalam sistem alat pencernaan kita? Coba Jelaskan!
Jawab:
Pertama, makanan akan dicerna dalam rongga mulut secara mekanik.
Berbagai organ yang ada dalam rongga mulut seperti gigi, lidah, kelenjar mulut, turut ambil bagian dalam proses ini.
Makanan yang sudah dikunyah oleh gigi kemudian akan masuk ke kerongkongan melalui faring
Faring sendiri merupakan persimpangan saluran dari rongga mulut ke kerongkongan.
Berikutnya, makanan akan sampai di lambung.
Makanan kembali diproses dengan berbagai enzim ketika sampai di usus halus.
Di sana terjadi proses pencernaan makanan agar menjadi unit-unit kecil yang diserap ke dalam pembuluh darah usus.
Selanjutnya makanan akan sampai di usus besar, tempat untuk menyerap air dan mineral dari sisa-sisa makanan.
Baca Juga: Soal dan Jawaban Pengenalan Drama untuk Kelas 4-6 SD, Belajar dari Rumah TVRI, 4 Juni 2020
3. Tuliskan tiga bagian darah! Coba jelaskan fungsi masing-masing dalam tubuh kita!
Jawab:
Eritrosit atau sel darah merah, untuk mengangkut oksigen dan karbondioksida ketika terjadi pertukaran gas dalam tubuh.
Leukosit atau sel darah putih, sebagai antibodi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.
Plasma darah untuk mengedarkan sari makanan.
Trombosit atau keping darah untuk membantu pembekuan darah.
Baca Juga: Rangkuman dan Soal X-Sains: Siklus Air, Materi Belajar dari Rumah TVRI Selasa 2 Juni 2020
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di www.gridstore.id.
Penulis | : | Danastri Putri |
Editor | : | Grid Kids |
Komentar