Find Us On Social Media :

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Hujan Abu di Langit dan Peringatan Tsunami

Gunung Ruang adalah salah satu gunung api kerucut yang berlokasi di Sulawesi Utara. Pada Rabu (17/04/2024) tepatnya pukul 18.00 WITA, Gunung Ruang mengalami eksplosi besar.

GridKids.id - Pada Rabu (17/04/24) kemarin tepatnya pukul 18.00 WITA, Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi eksplosif yang dahsyat.

Erupsi atau letusan gunung berapi Ruang yang berlokasi di Kabupaten Sitaro ini menampakkan banyak foto-foto dahsyat yang ditangkap oleh penduduk sekitar dan para peneliti.

Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ruang membuat Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM) menaikkan status Gunung Ruang dari yang tadinya Level Siaga (Level III) jadi Level Awas (Level IV) sejak Rabu (17/04/2024) pukul 21.00 WITA.

Sebelum mengalami erupsi eksplosif di hari Rabu, Gunung Ruang sudah menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik sejak Selasa (16/04/24).

Erupsi Gunung ruang telah lebih dulu disertai gempa vulkanik dalam yang menandai terjadinya peretakan batuan dan migrasi magma dari perut gunung ke bagian permukaan.

Erupsi eksplosif atau letusan Gunung Ruang juga disertai aliran lava, Kids.

Gunung Ruang yang aktivitas vulkaniknya meningkat memicu aktivitas gunung api lainnya, yaitu Gunung Awu yang kini berstatus siaga.

Gunung yang punya ketinggian 700 meter itu terlihat landai di bagian kakinya, tapi curam di bagian puncak.

Erupsi Gunung Ruang menyebabnya semburan abu yang lebih tinggi dari erupsi-erupsi yang terjadi sebelumnya.

Abu yang menyembur dari erupsi Gunung Ruang bisa mencapai ketinggian sekitar 3.000 meter.

Lalu, apa saja dampak dan upaya preventif bencana alam Gunung Ruang yang meletus ini, ya?

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gunung yang Akan Erupsi, Bukan Hanya Terdengar Suara Gemuruh