Find Us On Social Media :

Ayo, Membaca: Teks 'Pentas Seni di Sekolah', Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD

Siswa kelas 5 SD ikut ambil bagian dalam melakukan pentas seni.

GridKids.id - Halo, Kids, kali ini kamu akan kembali melihat dan belajar bersama materi Pendidikan Pancasila kelas 5 SD.

Kali ini kamu akan diajak membaca sebuah teks berjudul 'Pentas Seni di Sekolah' di Buku materi Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas 5 SD halaman 106-107.

Yap, pentas seni ini adalah bentuk perayaan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Yamid dan teman-temannya harus mempersiapkan pentas seni budaya di sekolah dan untuk itu mereka bermusyawarah bersama.

Kadir bertanya pada teman-temannya pentas apa yang akan mereka tampilkan nanti.

Atu mengusulkan bahwa mereka sebaiknya menyanyi dan usul itu disetujui oleh Ona.

Ona menambahkan ide untuk membawakan medley lagu-lagu daerah Indonesia.

Yamid lalu menyetujui ide itu juga dan menambahkan ide supaya mereka menggunakan pakaian tradisional dan peragaan busana sebelum menyanyi.

Daniel mengusulkan diri untuk main musik saja karena dia sadar dia enggak pintar bernyanyi.

Aisyah bertanya kapan mulai latihan, dan Kadir bilang latihan akan dimulai besok setelah dia selesai menyiapkan daftar lagunya.

Anak-anak kelas 5 SD akan mulai latihan bernyanyi lagu medley.

Baca Juga: Lagu Daerah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya bagi Kehidupan Masyarakat

Lagu-lagu medley yang dipersiapkan untuk pentas seni: Sipatokaan, Potong Bebek Angsa, Rasa Sayange, dan Ampar-Ampar Pisang.

Sedangkan Daniel sudah siap dengan sasandonya, dan mereka semua bisa latihan bersama-sama setiap istirahat makan siang.

Ketika hari pentas tiba, Yamid dan teman-teman anak kelas 5 melakukan gladi bersih untuk pentas besok hari.

Namun, kejadian yang enggak diharapkan terjadi, Aisyah jatuh dan luka.

Karena inilah, Aisyah berpikir dia enggak akan bisa pentas karena sulit untuk berdiri dan bergerak menari bersama yang lain.

Teman yang lain lalu membujuk supaya Aisyah tetap ikut dan menagajak Aisyah tetap ikut bernyanyi sambil duduk bersama dengan Daniel. Aisyah lalu setuju dengan usulan itu.

Ketika Pentas, Atu, Yamid, Ona, Daniel, juga Kadir melakukan peragaan busana sambil memperkenalkan Aisyah yang duduk-duduk saja di kursi.

Daniel yang duduk juga ikut bermain alat musik Sasando.

Daniel lalu memainkan musik dan yang lain bernyanyi dan menari dengan riang.

Aisyah juga berinteraksi dengan Daniel dan penonton pentas, semuanya terlihat senang dan bersemangat.

Selanjutnya kamu diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, nih.

Baca Juga: Jawaban Pertanyaan Berdasar Teks 'Lomba Seni Mempererat Persatuan', Kelas 5 SD Tema 9

Pertanyaan

1. Pentas apa yang dilakukan Yamid dan teman-temannya untuk perayaan 17 Agustus?

Jawab: Pentas seni menyanyikan Medley lagu-lagu daerah juga peragaan busana tradisional.

2. Sebutkan dua lagu daerah yang mereka nyanyikan!

Jawab: Sipatokaan dan Potong Bebek Angsa

3. Apa yang terjadi saat gladi bersih?

Jawab: Aisyah jatuh dan luka sehingga dia enggak tahu apakah bisa ikut pentas atau enggak

4. Bagaimana perasaan Yamid dan kawan-kawan saat pentas?

Jawab: senang, semangat, dan riang.

5. Sikap apa saja yang kalian pelajari dari cerita di atas?

Jawab: Tidak putus asam, optimis, dan saling menghargai.

Pertanyaan:
Daniel tidak bisa bernyayi, apa yang akan dilakukannya saat pentas seni bersama teman-temannya?
Petunjuk, cek lagi halaman 1.

 ----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.