Find Us On Social Media :

8 Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Mikro serta Penjelasannya

Pemasaran mikro adalah pendekatan periklanan yang cenderung menargetkan individu atau sekelompok orang.

GridKids.id - Kids, dalam dunia marketing setiap perusahaan memilki strategi yang efektif untuk membedakan dengan pesaing.

Salah satu strategi pemasaran yaitu pemasaran mikro atau mikro marketing.

Pemasaran mikro adalah strategi pemasaran yang menargetkan pasar yang spesifik dan fokus untuk memenuhi preferensi pelanggan pada pasar tersebut.

Pemasaran mikro juga dikatakan sebagai strategi pemasaran yang difokuskan pada segmen pasar yang sangat spesifik atau target pasar yang kecil.

Ini melibatkan penargetan, penelitian, dan upaya pemasaran yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam segmen pasar tersebut.

Pemasaran mikro sering kali melibatkan pendekatan yang sangat terfokus dan personal dalam berkomunikasi dengan pelanggan potensial, menggunakan metode seperti pemasaran langsung, iklan digital tersegmentasi, dan pemasaran konten yang disesuaikan.

Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk lebih efektif menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan potensial yang memiliki preferensi, kebutuhan, dan keinginan yang sangat spesifik.

Misalnya, penggunaan data analytics untuk menargetkan pelanggan yang memiliki perilaku pembelian yang sama atau serupa dan kemudian mengirimkan pesan iklan yang relevan dan personal ke mereka.

Nah, selai itu fungsi dan tujuan pemasaran mikro juga menguji produk atau layanan baru dengan kelompok kecil. 

Baca Juga: Mengenal 3 Struktur Analisis Wacana: Makro, Mikro dan Superstruktur

Kelebihan1. Pemasaran yang Tepat

Pemasaran mikro memungkinkan perusahaan untuk secara tepat mengidentifikasi dan menjangkau audiens yang tepat.