Find Us On Social Media :

Pramuka Penggalang: Pengertian, Tingkatan, dan Syarat Kecakapan Umum (SKU)

Pramuka penggalang adalalah tingkatan setelah pramuka siaga.

GridKids.id - Salah satu tingkatan dalam organisasi pramuka di Indonesia adalah pramuka penggalang.

Pramuka (praja muda karana) ialah gerakan kepanduan yang mendidik anggotanya tentang kedisiplinan, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya.

Pramuka penggalang merupakan tingkatan pramuka untuk siswa SMP biasanya anggota pramuka penggalang berusia antara 11 sampai 15 tahun.

Pramuka penggalang berasal dari kiasan pada masa penggalangan perjuangan bangsa Indonesia.

Nah, rakyat Indonesia menggalang dan mempersatukan dirinya untuk mencapai kemerdekaan.

Bersumber dari kompas.com, ada beberapa jenis kegiatan pramuka penggalang, yakni jambore, penjelajahan, gladian pimpinan regu, latihan bersama, dan lomba tingkat.

Pramuka penggalang dikelompokkan dalam satuan-satuan kecil yang disebut regu.

Setiap regu terdiri atas 8 orang dan dipimpin oleh seorang pimpinan regu atau PINRU yang bertanggung jawab penuh atau regunya.

Regu penggalang mempunyai nama-nama untuk mengidentifikasi regu tersebut dalam beragam kegiatan, seperti jambore atau perkemahan.

Tahukah kamu? Biasanya nama regu penggalang putra diambil dari nama-nama binatang, seperti gajah, singa, elang, harimau, dan lain sebagainya

Sementara nama regu penggalang putri biasanya diambil dari nama-nama bunga, seperti melati, anggrek, anyelir, bougenville, dahlia, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Jenis Kegiatan Pramuka Penggalang serta Manfaatnya, Apa Saja?