Find Us On Social Media :

Mengenal 8 Planet di Tata Surya, Mulai dari Merkurius hingga Neptunus

8 Planet yang ada di dalam tata surya.

GridKids.id - Kids, kita akan belajar tentang planet. Planet berasal dari bahasa Yunani, planet diartikan sebagai pengembara.

Hal ini dikarenakan planet selalu bergerak mengelilingi matahari sesuai garis edarnya dan tak pernah berhenti sepanjang tahun. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, planet adalah suatu benda langit yang tak bisa mengeluarkan panas. Planet juga benda langit yang tak bisa mengeluarkan cahaya.

Jadi, planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang (biasanya bintang seperti matahari) secara langsung, atau objek yang tak menghasilkan cahaya sendiri dan bersinar karena memantulkan cahaya dari bintang induknya.

Planet sebetulnya sangat banyak sekali jumlahnya, namun dalam sistem tata surya kita dikenal beberapa planet yaitu Merkurius, Venus, Mars, Bumi, Jupiter, Uranus, Saturnus, dan Neptunus.Mari kita bahas satu persatu kedelapan jenis planet!

1. Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dari matahari dan merupakan planet terkecil dalam tata surya kita.

Permukaannya penuh dengan kawah-kawah yang dihasilkan oleh benturan meteor dan memiliki suhu ekstrem karena posisinya yang dekat dengan matahari

2. Venus

Venus sering disebut sebagai "planet kembar Bumi" karena ukurannya hampir sama dengan bumi.

Baca Juga: 5 Konjungsi Planet yang Menghiasi Langit di Bulan Februari 2024, Apa Saja?

Namun, Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal yang menghasilkan efek rumah kaca yang kuat, membuatnya menjadi planet terpanas dalam tata surya kita.