Find Us On Social Media :

Rekening : Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsinya

Sebuah catatan transaksi kredit, debit dengan sesuai pengelompokannya.

GridKids.id - Kids, kita akan membahasa tentang pengertian rekening

Pada zaman sekarang, memiliki rekening bank telah menjadi sangat umum di banyak bagian dunia.

Rekening bank memungkinkan orang untuk menyimpan uang mereka dengan aman, melakukan transaksi keuangan seperti transfer uang, membayar tagihan, dan menerima pembayaran gaji atau pendapatan lainnya secara elektronik.

Selain itu, memiliki rekening bank juga memudahkan akses ke berbagai layanan keuangan seperti pinjaman, investasi, dan kartu kredit.

Hal ini membuat rekening bank menjadi salah satu alat penting dalam mengelola keuangan pribadi dan bisnis.

Pengertian Rekening

Berdasarkan Buku Akuntansi Berbasis Kompetensi (2021), rekening adalah alat yang digunakan sebagai metode pengikhtisaran.

Istilah umumnya rekening digunakan untuk merujuk kepada akun atau catatan keuangan yang dibuat oleh sebuah lembaga keuangan, seperti bank atau lembaga simpan pinjam.

Rekening ini digunakan untuk menyimpan dan mengelola dana milik individu, perusahaan, atau entitas lainnya. 

Setiap rekening biasanya memiliki nomor unik yang digunakan untuk mengindetifikasi pemiliknya dan memfasilitasi transaksi keuangan, seperti penyetoran, penarikan, transfer dan pembayaran.

Rekening dapat berupa rekening tabungan, rekening giro, rekening deposito, dan berbagai jenis rekening lainnya, tergantung pada kebutuhan dan jenis layanan yang disediakan oleh lembaga keuangan.

Baca Juga: Perbedaan Giro dan Tabungan, Mulai dari Tujuan hingga Kemudahan Penggunaan