Find Us On Social Media :

Pengertian, Tujuan, dan Unsur Kebahasaan Advertisement Text

Advertisement text biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu produk.

GridKids.id - Kids, apakah kamu tahu yang dimaksud dengan advertisement text?

Dalam bahasa Inggris, kita juga mempelajari advertisement text yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu produk.

Agar kamu lebih memahaminya, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Advertisement Text

Menurut Cambridge Dictionary, an advertisement is a picture, short film, song, etc. that tries to persuade people to buy a product or service, or a piece of text that tells people about a job, etc.

Artinya adalah, iklan merupakan gambar, film pendek, lagu, dan lain-lain yang membujuk orang untuk membeli sebuah produk atau jasa, atau sepotong teks yang memberitahu orang-orang tentang pekerjaan dan sebagainya.

Teks iklan juga umumnya dilengkapi dengan gambar yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Iklan juga biasanya kita temukan di tempat-tempat umum, internet, koran, dan lain-lain.

Tujuan dan Fungsi Advertisement Text

Sama seperti teks lainnya, advertisement text memiliki tujuan tersendiri dan dibuat semenarik mungkin untuk mempromosikan produk maupun jasa.

Teks ini berfungsi untuk mempromosikan produk atau jasa dan menarik minat calon pembeli atau pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa penjual.

Baca Juga: 3 Contoh Menggunakan Spoof Text dalam Bahasa Inggris

Unsur Kebahasaan Advertisement Text

Teks iklan memiliki unsur kebahasaan yang menjadi ciri khas dari teksnya, seperti:

1. Persuasive

Teks iklan bersifat persuasif karena tujuannya adalah untuk menarik minat pembeli, maka teksnya juga harus bisa meyakinkan orang untuk membeli produk dan menggunakan jasanya.

2. Imperative

Di dalam teks iklan biasanya terdapat kalimat-kalimat imperatif, yaitu kalimat yang mengandung perintah.

3. Informative

Teks iklan juga harus bersifat informatif agar calon pembeli atau pelanggan tahu benar produk dan jasa yang diiklankan.

Jenis Advertisement Text

Terdapat dua jenis dalam teks iklan, yaitu:

- Product advertising

Baca Juga: Pengertian, Isi, Fungsi Sosial, dan Struktur Personal Recount Text

Biasanya iklan produk ini yang sering kita temui, terutama di baliho, banner, atau tempat-tempat umum.

- Institutional advertising 

Institutional advertising biasa digunakan untuk meningkatkan citra perusahaan, sementara product advertising digunakan mempromosikan produk dan barang.

Nah, itu dia penjelasan tentang pengertian, tujuan, dan unsur kebahasaan dalam advertisement text.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.