Find Us On Social Media :

4 Dampak Positif Keberadaan Jalur Rempah bagi Bangsa Indonesia, Apa Saja?

Jalur rempah merupakan jaringan maritim kuno yang menghubungkan berbagai wilayah di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Eropa.

GridKids.id - Apa saja dampak positif keberadaan jalur rempah bagi bangsa Indonesia, Kids?

Jalur rempah merupakan jaringan maritim kuno yang menghubungkan berbagai wilayah di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Eropa.

Nah, jalur rempah menjadi rute perdagangan rempah-rempah yang sangat diminati di dunia, seperti cengkih, pala, lada, dan kayu manis.

Ada beberapa rempah yang diminati dunia, seperti pala, lada, kayu manis, dan cengkih.

Rempah digunakan sebagai penambah cita rasa, pengawet makanan, obah penambah kebugaran tubuh, hingga kelengkapan upacara.

Keberagaman manfaat rempah ini menjadikannya sangat diminati dunia.

Bersumber dari jalurrempah.kemdikbud.go.id, pada masa kekaisaran Romawi, sejumlah pemuja dewa di kuil membakar rempah-rempah dalam dupa atau melemparkannya ke dalam api di perapian kuil sebelum melaksanakan ritual keagamaan.

Indonesia berada di wilayah yang strategis, yakni di antara benua Asia dan Australia sehingga berperan penting bagi jalur rempah.

Tak hanya itu saja, Indonesia juga menjadi tempat tumbuhnya berbagai rempah yang digemari oleh bangsa lain.

Meski Indonesia termasuk negara yang dilalui oleh jalur rempah, faktanya jalur rempah enggak hanya melalui Indonesia saja, lo.

Bersumber dari kemdikbud.go.id, jalur rempah melintasi Samudra Hinia yang jadi penghubung antara Mediterania dengan Timur.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Jalur Rempah dan Manfaatnya bagi Indonesia