Find Us On Social Media :

Disebut sebagai Organisme Terbesar di Bumi, Apa Itu Pando? #AkuBacaAkuTahu

Pando membantu menstabilkan tanah dan mencegah erosi.

GridKids.id - Apakah kamu pernah mendengar pando atau hutan pando, Kids?

Secara etimologi, pando berasal dari bahasa Latin yang berarti saya menyebar. Pando sudah ada selama ribuan tahun hidup di muka bumi.

Pando juga dikenal sebagai Trembling Giant atau Raksasa yang Bergetar yang berupa koloni klonal dari trembesi quaking yang meluas hingga 106 hektar di Hutan Nasional Fishlake di Utah Selatan, Amerika Serikat.

Pando disebut sebagi koloni klonal karena pando bukanlah satu batang tunggal dengan cabang, melainkan banyak batang yang biologis identik dengan sistem akar yang sama.

Setiap cabang dari pando sebenarnya merupakan bagian genetik identik dari pohon yang sama yang terhubung oleh sistem akar luas sehingga mencapai sekitar 20 kilometer jika diiukur, ya.

Pando terdiri dari ribuan batang pohon yang terhubung secara genetik melalui sistem akar yang luas.

Koloni ini diperkirakan berusia lebih dari 80.000 tahun, dan memiliki berat total lebih dari 6.000 ton, menjadikannya salah satu organisme hidup terbesar di bumi.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pando yang disebut organisme terbesar di muka bumi, ya!

Pando, Organisme Terbesar di Muka Bumi

Tahukah kamu? Pando diperkirakan berusia lebih dari 80.000 tahun, menjadikannya sebagai salah satu organisme hidup tertua di bumi.

Usianya jauh melampaui usia manusia, bahkan usia pohon-pohon tua lainnya.

Baca Juga: 6 Pohon Tertua di Dunia yang Jadi Saksi Peradaban Manusia #AkuBacaAkuTahu