Find Us On Social Media :

Apa Saja Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi? Ini Uraiannya

Pembacaa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

GridKids.id - Kids, kita akan mempelajari peristiwa penting menjelang proklamasi kemerdekaan pada materi IPAS kelas 6 SD.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 terjadi peristiwa besar dan bersejarah bagi bangsa Indonesia, yakni peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sejak saat itu, Indonesia menyatakan merdeka dan terbebas dari para penjajah.

Kejadian ini diawali kekalahan Jepang dari pasukan sekutu karena hancurnya dua kota besar di Jepang, yakni Kota Hiroshima dan Nagasaki yang dibom tentara Sekutu pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.

Ada berbagai peristiwa penting terjadi sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Rangkaian peristiwa terjadi dibeberapa tempat dan tentunya menjadi momen yang tercatat dalam sejarah Indonesia. 

Nah, berikut adalah rangkaian peristiwa penting yang terjadi sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

1. Pembentukan BPUPKI dan PPKI 

Pada masa penjajahan, Jepang membentuk BPUPKI dan PPKI. Sebelum pembentukan itu Jepang tengah dalam kondisi terdesak karena kalah di Perang Asia Pasifik pada akhir 1944.Pada kondisi itu Jepang merasa terdesak. Akhirnya Jepang memutuskan memenuhi janji memberikan kemerdekaan kepada rakyat.

Kemudian Jepang pun membentuk BPUPKI. BPUPKI diumumkan pada 1 Maret 1945 oleh Jendral Kumakichi Harada, dan diresmikan pada 29 April 1945.

Sidang pertama BPUPKI dilakukan pada 29 Mei - 1 Juni 1945 untuk merumuskan asas dan dasar negara.

Baca Juga: Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan, IPAS Kelas 6 SD