GridKids.id - Kids, ini kita akan membahas materi Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, Bab 4.
Pada buku tersebut tersaji materi "Menulis Puisi yang Menginsipirasikan Adanya Kesempatan untuk Semua" pada Bab 4.
Di halaman 116, terdapat Kegiatan 3, Menjawab pertanyaan cerpen “Hatarakibachi” karya Awit Radiani.
Kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam materi tersebut.
Yuk, langsung saja kita cari tahu jawabannya masing-masing!
Menjawab Pertanyaan Cerpen “Hatarakibachi” Karya Awit Radiani.
1. Temukan arti kosakata di bawah ini dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
a. landmarkb. kuratorc. asperger syndromd. eksentrike. etos
Jawaban:
a. landmark: bangunan yang menandai suatu situs atau lokasi.
b. Kurator: Orang yang mengelola sesuatu yang berkaitan dengan koleksi museum, perpustakaan, dan lain-lain.
Baca Juga: Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 111: Puisi Hasil Transformasi dari Cerpen
c. Asperger syndrom: Belum ada di kamus besar bahasa indonesia, tetapi dapat diartikan sebagai gangguan perkembangan yang memengaruhi kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif.
d. Eksentrik: Aneh; ganjil; tak wajar.
e. Etos: Pandangan hidup yang khas dari suatu golongan.
2. Temukan tokoh utama dan tokoh pendukung dalam cerpen di atas.
Kemudian, jelaskan mengenai tokoh dan penokohannya dalam tabel berikut.
Jawaban:
Tokoh utama cerper tersebut adalah Nina-chan.
Tokoh pendukung di cerpen itu adalah Satoshi dan Endo.
Satoshi adalah orang Jepang yang menjadi panitia kongres seni budaya.
Sementara Endo merupakan orang jepang yang bekerja sebagai perupa yang menderita asperger syndrome.
a. Tokoh: Nina-chan
Baca Juga: 3 Bentuk Penyajian Musikalisasi Puisi, Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA
Penokohan : Nina-chan adalah tokoh utama yang memiliki sifat yang ramah terhadap orang.
b. Tokoh: Endo
Penokohan: Endo, seseorang yang enggak teguh pendirian dan pintar merayu dan suka melakukan tindakan yang eksentrik.
c. Tokoh: Satoshi-san
Satoshi-san, seseorang yang peduli dengan sekitar
3. Mengapa Nina-chan merasa ia kurang layak untuk hadir pada kongres budaya itu?
Jawaban:
Nina-chan merasa tak percaya diri dan merasa kurang layak karena merasa karya belum apa-apa.
Nina kurang percaya diri karena merasa banyak seniman yang lebih besar di negara asalnya dan punya banyak jam terbang.
4. Benarkah kecurigaan Nina-chan bahwa Endo melakukan rekayasa agar Nina-chan terpilih?
Jawaban:
Baca Juga: Pengertian dan Unsur Musikalisasi Puisi, Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA
Kecurigaan Nina-chan bahwa Endo melakukan rekayasa, karena ada omongan Endo dan Satoshi yang berbeda.
Edo melakukan rekayasa supaya Nina-chan terpilih, karena Edo sendiri ingin berjumpa dengan Nina-chan.
5. Di manakah latar dari cerpen di atas? Jelaskan alasan yang mendukung jawaban kalian.
Jawaban:
Latar cerpen di atas umumnya ada di negara Jepang, seperti di bandara, stasiun, hotel.
Hal itu juga terlihat di dalam cerpen sebutan tempat maupun makanan yang biasanya dijumpai di negara matahari terbit tersebut.
6. Sudut pandang apakah (orang pertama atau orang ketiga) yang digunakan pencerita? Jelaskan alasan dari jawaban kalian.
Jawaban:
Sudut pandang yang digunakan pada cerpen ini adalah mengambil pandangan orang pertama.
7. Sebutkan tema yang diusung dalam cerpen tersebut.
Jawaban:
Baca Juga: Membedakan Kalimat Transitif dan Intransitif, Materi Bahasa Indonesia Kelas IV
Tema cerita itu adalah percintaan.
8. Sebutkan salah satu pesan atau amanat dari cerpen di atas.
Jawaban:
Perlunya sikap hati-hati terhadap pria yang tak berpendirian.
Itulah pembahasan tentang Menjawab Pertanyaan Cerpen “Hatarakibachi” Karya Awit Radiani ya, Kids!
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.