Find Us On Social Media :

5 Keunikan Pulau Kalimantan (Borneo) serta Penjelasannya, Apa Saja?

Pulau Kalimantan terletak antara Pulau Sumatra dan Pulau Sulawesi dengan luas wilayah 736.000 kilometer persegi.

GridKids.id - Apa saja keunikan Pulau Kalimantan yang kamu ketahui, Kids?

Kalimantan atau Borneo termasuk salah satu pulau besar di Indonesia yang terdiri dari 6 suku besar dan 405 sub suku kecil.

Pulau Kalimantan terletak antara Pulau Sumatra dan Pulau Sulawesi dengan luas wilayah 736.000 kilometer persegi.

Pulau Kalimantan terbagi atas lima provinsi, yaitu Kalimantan Utara (Tanjung Selor), Kalimantan Selatan (Banjarbaru), Kalimantan Timur (Samarinda), Kalimantan Tengah (Palangkaraya), dan Kalimantan Barat (Pontianak).

Bersumber dari regional.kompas.com, Pulau Kalimanyan memiliki hutan tropis yang luas sehingga dijuluki sebagai paru-paru dunia.

Tak hanya itu saja, Pulau Kalimantan juga memiliki beragam jenis bentang alam, yakni gunung, sungai, danau, pantai, lembah, dan bukit.

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja keunikan Pulau Kalimantan, simak informasi di bawah ini.

Keunikan Pulau Kalimantan atau Borneo

1. Keindahan Alam yang Menawan

Pulau Kalimantan dikenal dengan lanskap alamnya yang memikat. Hutan hujan tropis yang luas menyelimuti sebagian besar pulau, memberikan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna yang langka.

Taman Nasional Tanjung Puting, misalnya, menawarkan pengalaman mendalam dalam mengeksplorasi kehidupan satwa liar, terutama orangutan.

Baca Juga: 6 Jenis Bentang Alam yang Terdapat di Pulau Kalimantan dan Penjelasannya

Selain itu, Gunung Kinabalu, puncak tertinggi di Kalimantan, menawarkan pemandangan indah dan petualangan mendaki yang tak terlupakan.