Find Us On Social Media :

Jadi Momen Bersejarah, Ilmuwan Ungkap Wahana NASA Akan Lewati Matahari di Penghujung 2024

Pada 24 Desember 2024, Parker Solar Probe milik NASA akan mencapai jarak terdekat dengan Matahari.

GridKids.id - Kids, teknologi buatan Manusia akan mencatat sejarah penting di tahun ini, lo.

Eksplorasi ruang angkasa yang telah diupayakan selama puluhan tahun kini akhirnya sampai ke momen akan mendekati pusat tata surya kita, nih.

Yap, Parker Solar Probe buatan NASA yang diluncurkan pada 12 Agustus 2018 silam akan melewati Matahari kita pada 24 Desember 2024.

Kecepatan tetap pesawat ruang angkasa itu untuk sampai sesuai jadwal adalah 195 km/detik. Sangat cepat untuk jarak yang sangat jauh, ya?

Misi yang dianggap akan 'menyentuh Matahari' ini bertujuan untuk memperoleh sampel atmosfer bintang untuk pertama kalinya.

Yap, bintang yang akan diambil sampelnya ini adalah Matahari, pusat tata surya kita, Kids.

Dilansir dari laman kompas.com, Ilmuwan Nour Raouafi yang bertanggung jawab pada proyek ini mengungkap kalau misi ini bisa jadi pencapaian yang paling penting bagi umat manusia.

Bahkan saking penting dan bersejarahnya, misi ini jika nantinya berhasil akan sama ikoniknya dengan pendaratan di Bulan yang terjadi pada 1969 silam.

Misi menyentuh Matahari dianggap bisa membantu ilmuwan untuk lebih memahami Matahari sebagai bintang dan pusat tata surya kita.

Sebelumnya sudah ada wahana yang mengorbit Matahari tapi dengan jarak yang enggak sedekat Parker Solar Probe ini.

Dulunya wahana antariksa akan mengorbit pada orbit planet Merkurius, planet tata surya yang jaraknya terdekat dari Matahari.

Baca Juga: Berapa Kali Bumi Mengelilingi Matahari sebagai Pusat Tata Surya?