Find Us On Social Media :

Geografi Kelas XI SMA: Ciri-Ciri Wilayah Ethiopian serta Contoh Faunanya

Salah satu wilayah persebaran fauna berdasarkan garis Wallace adalah wilayah Ethiopian.

GridKids.id - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang persebaran flora dan fauna di dunia menurut Alfred Russel Wallace.

Nah, berdasarkan pada materi Geografi kelas XI SMA, kita akan mencari tahu ciri-ciri wilayah Ethiopian serta contoh faunanya.

Alfred Russel Wallace sering melakukan penelitian flora dan fauna, seperti di Kepulauan Melayu (Indonesia) dan Sungai Amazon.

Diketahui pada tahun 1876, Alfred Russel Wallace membagi wilayah persebaran fauna jadi 8 wilayah.

Untuk menunjukkan perbedaan wilayah tersebut dibuat garis khayal yang menegaskan pembagian persebaran flora dan fauna, yakni Ethiopian, Palearktik, Oriental, Australian, Neotropical, Neartik, Oceanik dan Antartik.

Salah satu wilayah persebaran fauna berdasarkan garis Wallace adalah wilayah Ethiopian.

Etiopia adalah negara di Afrika Timur yang memiliki lingkungan geografis yang beragam, termasuk pegunungan, dataran tinggi, lembah-lembah sungai, dan gurun.

Keanekaragaman hayati di Etiopian sangat kaya dan unik karena berbagai faktor, termasuk topografi yang berbeda dan variasi iklim.

Wilayah Ethiopian meliputi benua Afrika sampai barat daya Arabia, Kids.

Dikarenakan dilewati khatulistiwa, wilayah ini memiliki beberapa jenis hewan tropis.

Pada bagian utara dari wilayah Ethiopian sendiri terdapat sebuah padang pasir atau gurun terluas di dunia bernama Gurun Sahara.

Baca Juga: Geografi Kelas XI SMA: Pengertian dan Ciri-Ciri Bioma Hutan Gugur