Find Us On Social Media :

Mengenal Istilah Sitasi dalam Pembuatan Karya Ilmiah

(Ilustrasi) Sitasi menjadi salah satu hal penting dalam menyusun karangan ilmiah.

GridKids.id - Apa kalian pernah mendengar istilah sitasi?

Yap, sitasi umumnya berkaitan dengan pembuatan karya ilmiah

Dalam pembuatan karya ilmiah, sitasi sangat dipelukan untuk memberitahu pembaca sumber bahan yang kita gunakan untuk menulis tugas.

Jadi, data dan ide sumber yang kita ambil harus kita tulus guna memberitahu kepada pembaca asal sumber karya yang dibuat dari mana.

Pengertian Sitasi 

Sitasi adalah tindakan mengacu atau mengutip sumber informasi tertentu dalam tulisan atau karyamu.

Ini adalah praktik etika dan akademis yang diterapkan dalam dunia penulisan untuk menunjukkan asal-usul ide, data, atau kutipan yang digunakan dalam suatu karya.

Tujuannya adalah untuk memberikan penghargaan kepada penulis atau pencipta asli, memberikan kredit yang pantas untuk kontribusi mereka, dan memungkinkan pembaca atau penonton untuk melacak sumber informasi tersebut.

Penting untuk menyertakan sitasi (citations) yang tepat dalam karya ilmiah untuk memberikan kredit kepada  informasi yang akan kamu gunakan.

Cara mengutip sumber tergantung pada gaya sitasi yang diinginkan atau ditentukan oleh lembaga atau jurnal tempatmu mengirimkan karya ilmiah

Selain itu, sitasi juga penting untuk mendukung dan memperdalam argumentasi penulis sehingga pembaca mampu menilai artikel atau tulisan yang dikutip.

Baca Juga: Penjelasan Karya Ilmiah: Pengertian, Tujuan hingga Ciri-cirinya