Find Us On Social Media :

Mengenal Apa Itu Etnosentrisme serta Faktor Penyebab dan Penjelasannya

Istilah etnosentrisme diterapkan dalam budaya atau etnis saat seseorang melihat dunia dari sudut pandang kelompoknya sendiri.

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang etnosentrisme?

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu pengertian etnosentrisme serta faktor penyebab terjadinya, ya.

Istilah etnosentrisme diterapkan dalam budaya atau etnis saat seseorang melihat dunia dari sudut pandang kelompoknya sendiri.

Pengertian etnosentrisme menurut KBBI adalah sikap atau pandangan yang berpangkal kepada masyarakat dan kebudayaan sendiri.

Nah, etnosentrisme dipahami sebagai paham yang menganggap bahwa kebudayaan yang mereka miliki lebih unggul dan membanggakan daripada budaya lain.

Dalam etnosentrisme, orang cenderung menilai kelompok lain berdasarkan perspektif dan norma dari kelompok mereka sendiri.

Secara umum, etnosentrisme bisa dipahami sebagai fanatisme terhadap suku bangsa.

Etnosentrisme merupakan suatu bentuk pandangan yang memberikan nilai lebih pada kelompok sendiri daripada kelompok lain sehingga memiliki akar penyebab yang kompleks.

Contoh etnosentrisme, yaitu penghinaan budaya lain, diskriminasi etnis, konflik antaragama, stereotip budaya, dan dominasi kultural.

Etnosentrisme memicu konflik antarsuku hingga menghambat asimilasi budaya yang berbeda.

Meski demikian, etnosentrisme juga bisa mendatangkan dampak positif, seperti menumbuhkan semangat patriotisme, menjaga keutuhan dan stabilitas kebudayaan, serta meningkatkan rasa cinta tanah air atau bangsa.

Baca Juga: 4 Faktor Penghambat Kemajuan IPTEK, Salah Satunya Sikap Etnosentrisme