Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Soal Pengayaan IPS 9 SMP: Alasan Benua Amerika Disebut Benua Baru

Alasan Benua Amerika disebut Benua Baru.

GridKids.id - Kids, kita akan menjawab soal pengayaan materi IPS Kelas 9 SMP.

Soal tersebut membahas tentang Benua Amerika. Amerika merupakan benua dengan luas yang besar dan membentang dari bagian utara hingga selatan bumi. Benua ini disebut dengan benua baru.

Wilayahnya terdiri dari Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan dengan total luas sebesar 42.549.000 km2 dan populasi sebanyak 1,002 miliar orang.

Beberapa literatur menyebutkan jika Benua Amerika dibagi dua, yaitu Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan, karena keduanya memiliki karakteristik iklim yang berbeda dan secara letak sudah terpisah karena adanya selat buatan yang dibangun di Panama, Amerika Tengah.

Letak geografis Benua Amerika dikelilingi oleh perairan laut dan samudra yaitu Samudra Pasifik (barat), Samudra Atlantik (timur), Samudra Arktik (utara), dan Samudra Antartik (selatan).

Sementara secara astronomis Benua Amerika terletak di 10°BB-170°BB dan 83°LU-55°LS.

Amerika memiliki iklim kutub di daerah paling utara, iklim subtropis di daerah utara hingga sebagian daerah selatan, iklim tropis di sebagian besar daerah selatan, dan iklim gurun di kawasan-kawasan yang berada di balik pegunungan besar.

Soal Pengayaan

Mengapa Benua Amerika disebut sebagai benua baru, padahal penduduk Amerika memiliki peradaban kuno yang usianya mencapai ribuan tahun?

Jawaban

Benua Amerika disebut sebagai benua baru pada abad ke-15 saat bangsa Eropa menjelajahi dunia dan Renaisans untuk merujuk kepada wilayah yang mereka temui di luar Eropa, terutama Amerika.

Baca Juga: Termasuk Peradaban Amerika Kuno, Inilah 5 Perbedaan Suku Maya dan Aztec