Find Us On Social Media :

Apa yang Dimaksud Sanitasi dan Apa Saja 7 Jenis-jenisnya?

Satnitasi adalah suatu upaya kegiatan untuk mengurangi resiko terkena penyakit akibat lingkungan yang kotor.

GridKids.id - Kids, membersihkan lingkungan sangat penting, lo. Dengan membersihkan lingkungan, kita dapat terhindar dari virus dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan.

Nah, upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat dilakukan dengan cara sanitasi.

Sanitasi sangat penting bagi setiap orang, karena dapat melindungi dari gangguan kesehatan fisik dan maupun mental. 

Pengertian Sanitasi

Menurut Sri Rejeki & Gunadi Dwi Hantoro dalam buku Sanitasi, Hygiene&Keselamatan Kerja menyebutkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan sanitasi sebagai usaha pengendalian semua faktor lingkungan fisik manusia.

Sebab, lingkungan yang buruk dapat memberikan dampak negatif pada kehidupan manusia. Baik kehidupan fisik maupun mental.

Sanitasi adalah serangkaian langkah atau tindakan yang diambil untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, baik itu di rumah, tempat kerja, atau masyarakat umum.

Tujuan utama sanitasi adalah mencegah penyebaran penyakit dan menjaga keamanan lingkungan agar dapat mendukung kesehatan manusia.

Beberapa aspek sanitasi melibatkan manajemen air bersih, pengelolaan limbah padat dan cair, kebersihan makanan, serta praktik-praktik kebersihan pribadi.

Beberapa langkah sanitasi yang umum termasuk mencuci tangan secara teratur, memastikan air minum aman, pengelolaan sampah yang tepat, dan membersihkan lingkungan secara berkala.

Sanitasi tak hanya penting untuk individu atau keluarga, tetapi juga penting dalam skala masyarakat dan nasional.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Lingkungan Buatan? Ini Pemaparannya